Indonesia Siap Gelar WSBK Tahun Ini Nggak, Sih? Dorna Butuh Jawaban

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 10:57 WIB
Layout Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika masih punya peluang jadi tuan rumah balapan WSBK di akhir tahun ini. (MotoGP.com)
Jakarta -

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, direncanakan menjadi salah satu lintasan yang akan menggelar balapan WSBK (World Superbike) musim 2021. Sirkuit yang juga diwacanakan untuk MotoGP Indonesia tersebut masuk dalam kalender sementara WSBK musim ini.

Menurut kalender WSBK 2021, Indonesia akan menggelar WSBK seri ke-13 pada 12-14 November 2021. Namun, hingga kini sirkuit Mandalika yang akan menggelar balapan tersebut belum rampung.

Pihak Dorna sebagai promotor WSBK mengkhawatirkan kesiapan sirkuit Mandalika. Pada akhir Juli ini atau paling tidak awal Agustus, Dorna mengharapkan operator Sirkuit Mandalika di Lombok untuk mengkonfirmasi apakah WSBK dapat digelar pada November.

"Kami lebih mengkhawatirkan kesiapan lintasan daripada regulasi COVID-19," kata salah satu pejabat senior Dorna seperti dikutip Speedweek.

Menurutnya, Dorna membutuhkan jawaban segera terkait kesiapan Indonesia menggelar WSBK. Tak cuma sirkuit, kesiapan lain di sekitar sirkuit juga harus dipastikan.

"Aspal lintasan balap harus selesai pada Juli, tetapi tidak semua di sekitarnya akan selesai pada November. Kami membutuhkan jawaban segera karena kami harus merencanakan logistik," katanya.

Dikutip dari situs resmi WSBK, Sirkuit Mandalika menjadi salah satu dari total 13 lintasan yang diproyeksikan akan menggelar WSBK. Namun ada syarat yang harus dilalui Sirkuit Mandalika untuk bisa menghelat ajang tersebut. Dsebutkan kalau Sirkuit Mandalika harus lolos uji homologasi. Uji tersebut tentunya baru bisa dilakukan jika proses pembangunan lintasan sudah kelar.

Sebelumnya, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan optimistis mereka menghadapi situasi ini dan tetap melangkah sesuai rencana.

"Sampai dengan saat ini kami dari MGPA dan Dorna masih berpegang kepada jadwal resmi yang telah dikeluarkan dan belum ada perubahan," ujar Happy Harinto, Chief Strategic and Communication MGPA kepada detikOto Minggu (7/7/21).

"Kami masih tetap optimis bahwa WSBK tetap diselenggarakan di Mandalika pada tahun ini, dan semoga pandemic ini segera menurun," papar Happy.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan di-homologasi oleh pihak Dorna dan FIM pada akhir bulan ini. Namun menurut MGPA, karena kondisi pandemi yang semakin mengganas di Indonesia ini perlu realistis menghadapinya.

"Jadwal homologasi awal oleh Dorna dan FIM seyogyanya dilaksanakan pada akhir bulan Juli atau awal Agustus tahun ini. Namun kita juga harus realistis dengan memperhatikan situasi darurat kasus Covid-19 di Indonesia, kita harap kasus COVID-19 ini dapat segera menurun," ujar Happy.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)