Formula E Jakarta: Batal Digelar 2020, Mundur ke 2022, Kini Tak Masuk Kalender Sementara

Tim detikcom - detikOto
Senin, 12 Jul 2021 16:57 WIB
Warga Jakarta bisa menonton langsung kejuaraan balap mobil listrik dunia Formula E mulai tahun depan.
Balapan mobil listrik Formula E. Foto: Getty Images
Jakarta -

Jakarta diwacanakan menggelar balapan mobil listrik Formula E. Rencana awalnya Jakarta menggelar Formula E pada 2020, tapi diundur lantaran pandemi COVID-19.

Keseriusan Jakarta menggelar Formula E sudah dibuktikan sejak 2019 lalu. Pada September 2019, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pihak Formula E mengumumkan rencana Jakarta menjadi tuan rumah Formula E. Awalnya, Formula E Jakarta dijadwalkan pada 6 Juni 2020. Pihak penyelenggara menyebutkan akan ada 24 mobil sport yang dilibatkan pada balapan mobil ramah lingkungan ini.

FIA Formula E resmi digelar di Jakarta 2020 mendatangRencana FIA Formula E digelar di Jakarta 2020 Foto: FIA Formula E

Tidak hanya pada tahun 2020, dalam kontrak dengan penyelenggara Formula E, FIA rencananya menggunakan kerja sama ini selama 5 tahun berturut-turut.

Namun, pandemi COVID-19 melanda Indonesia sebelum Formula E sempat digelar di Jakarta. Pada Maret 2020, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan surat yang meminta penyelenggaraan Formula E di Jakarta diundur menyusul merebaknya kasus COVID-19.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tertanggal 9 Maret 2020.

Pihak Formula E angkat suara soal pengunduran penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies BaswedanGambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas. Foto: Ist.

"Seperti yang diinstruksikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan--dan dalam konsultasi bersama dengan Formula E, FIA, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Organising Committee (OC) Jakarta E-Prix--tidak akan mungkin menggelar balapan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020 yang dijadwalkan," tulis Formula E dalam pernyataannya.

Hingga ada harapan Formula E Jakarta digelar tahun depan. Kabar mengenai kemungkinan penyelenggaraan Formula E Jakarta pada 2022 datang dari Ketua Umum IMI (Ikatan Motor Indonesia) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Kita akan menjalin kerja sama dengan Pemda DKI untuk mewujudkan Formula E yang sempat tertunda karena Covid. Bukan tahun ini, tapi tahun depan," kata Bamsoet, saat berbincang dengan detikOto, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta (10/2).

"Tahun ini nggak mungkin (Formula E Jakarta dilaksanakan) karena kita banyak punya agenda nasional, PON dan Mandalika. Sehingga pembicaraan saya dengan Menteri BUMN maupun Menteri Pariwisata, kemungkinan (Formula E Jakarta) bisa diwujudkan tahun depan," sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan gelaran Formula E ditunda hingga 2022 mendatang. Keputusan ini sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Rekomendasi BPK terkait Formula E sudah kita sampaikan bahwa Formula E yang uangnya sudah kita keluarkan itu tetap ada dan nanti akan dilaksanakan direncanakan Insya Allah kalau tidak ada halangan di tahun 2022," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021) lalu.

[Halaman berikut: Jakarta belum masuk jadwal Formula E 2022]