Formula E Jakarta Siap Diwujudkan Tahun Depan

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 09:48 WIB
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images)
Ilustrasi balap mobil listrik Formula E. Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Kompetisi balap mobil listrik Formula E siap diwujudkan di Jakarta tahun depan. Sebelumnya, pelaksanaan Formula E Jakarta yang sedianya digelar pada 6 Juni 2020, harus ditunda lantaran terjadi pandemi virus Corona (COVID-19).

Kabar mengenai kemungkinan penyelenggaraan Formula E Jakarta pada 2022 datang dari Ketua Umum IMI (Ikatan Motor Indonesia) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Kita akan menjalin kerja sama dengan Pemda DKI untuk mewujudkan Formula E yang sempat tertunda karena Covid. Bukan tahun ini, tapi tahun depan," kata Bamsoet, saat berbincang dengan detikOto, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta (10/2).

"Tahun ini nggak mungkin (Formula E Jakarta dilaksanakan) karena kita banyak punya agenda nasional, PON dan Mandalika. Sehingga pembicaraan saya dengan Menteri BUMN maupun Menteri Pariwisata, kemungkinan (Formula E Jakarta) bisa diwujudkan tahun depan," sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI itu.

Sebelumnya pada Maret 2020 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta ditunda. Penundaan Formula E menyusul merebaknya kasus virus Corona (COVID-19).

Permintaan penundaan Formula E tertulis dalam surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tanggal 9 Maret 2020.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat tersebut seperti yang diterima detikOto, Rabu (11/3/2020).

Pihak Formula E angkat juga suara soal pengunduran penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Seperti yang diinstruksikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan--dan dalam konsultasi bersama dengan Formula E, FIA, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Organising Committee (OC) Jakarta E-Prix--tidak akan mungkin menggelar balapan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020 yang dijadwalkan," tulis Formula E dalam pernyataan resminya.



Simak Video "Buka-bukaan Jakpro soal Peruntukan Commitment Fee Formula E"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)