Sirkuit Formula E di Monas Sudah Dapat Homologasi, Mandalika Belum

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 18 Nov 2020 07:52 WIB
FIA Formula E resmi digelar di Jakarta 2020 mendatang
Formula E Jakarta yang batal karena pandemi virus Corona. Foto: FIA Formula E
Jakarta -

Andai saja COVID-19 tidak pernah ada, bisa dipastikan Jakarta akan benar-benar menjadi tuan rumah Formula E karena ternyata homologasi atau segala persyaratan untuk menggelar Formula E di Jakarta sudah rampung.

Ketua Umum PP IMI, Sadikin Aksa, Selasa (17/11/2020) di Karawaci, Tangerang, mengatakan Indonesia memang Indonesia belum mendapat restu homologasi tentang sirkuit MotoGP 2021, namun hal tersebut berbeda dibandingkan Formula E. Karena ajang yang awal rencananya akan diselenggarakan di Jakarta ini sudah mendapat restu.

"Sebenarnya yang Formula E di Monas itu sudah selesai itu secara paperwork atau homologasinya sudah lewat (sudah didapat)," kata Sadikin Aksa.

Selanjutnya Sadikin menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum benar-benar menggelar ajang balap di dalam kota.

"Hanya 3 minggu sebelum balapan karena dia sirkuit dalam kota harus datang lebih awal untuk melakukan pengecekan kesiapan. Dua minggu sebelum ajang balap harus terpasang semua barier-nya baru saat ingin balapan homologasinya keluar," ucap Sadikin.

"Itu karena sirkuit dalam kota, kalau untuk sirkuit permanen tidak seperti itu, FIM dan FIA sekali datang dia lihat kalau ada yang harus dibenarkan ya dibenarkan. Lalu mereka datang lagi baru keluar homologasinya," Sadikin menambahkan.

Sementara itu, sirkuit Mandalika yang akan menggelar MotoGP 2021 belum dapat homologasi, menurut Sadikin. Dorna Sports sudah merilis jadwal MotoGP untuk musim 2021, dengan total ada 20 seri disiapkan. Tak masuk dalam 20 seri yang akan digelar, MotoGP Indonesia berstatus 'reserve' atau cadangan.

Desain Sirkuit Formula E JakartaDesain Sirkuit Formula E Jakarta Foto: ist.

Dikutip dari Autosport, kalender balap MotoGP 2021 terdiri dari 20 balapan, yang akan dimulai pada Maret dan berakhir pada November.

Nyaris tak ada perubahan besar dalam jadwal tersebut jika dibanding jadwal MotoGP 2020 (sebelum akhirnya dikacaukan virus corona) dan MotoGP 2019. Seri pembuka akan dilangsungkan di Qatar pada 28 Maret dan penutup dihelat di Valencia pada 14 November.

MandalikaSirkuit Mandalika yang akan menggelar MotoGP 2021. Foto: Mandalika (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)

Dari 20 balapan yang dijadwalkan digelar pada MotoGP 2021, nama MotoGP Indonesia tak masuk dalam daftar. MotoGP Indonesia yang akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, berstatus 'Reserve venues' bersama Portugal (Algarve International Circuits) dan Rusia (Igora Driver Circuit).

Dorna menegaskan kalau kalender ini masih bersifat sementara dan sangat mungkin berubah terkait perkembangan pandemi virus corona. Termasuk juga seri ke-11 yang statusnya masih TBC (to be confirmes). Seri ke-11 ini rencananya akan dilangsungkan di Republik Ceko, namun dalam kalender sementara ini tanggal perhelatannya pun belum disebutkan.

Dikutip dari Autosport, jika MotoGP Republik Ceko tidak digelar, maka tiga negara yang berstatus 'reserve' bisa jadi pengganti.

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, menjelaskan kalau MotoGP Republik Ceko statusnya belum jelas lantaran kondisi aspal mereka perlu diperbaiki, menyusul protes yang bermunculan di tahun ini. Sampai saat ini pemerintah setempat sebagai pengelola sirkuit belum memberikan jawaban atas kebutuhan pengaspalan ulang sirkuit.



Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)