Jumat, 17 Apr 2020 16:29 WIB

Ditunda Lagi, Formula E 2020 Tidak Dilanjutkan?

Luthfi Anshori - detikOto
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images) Ilustrasi balap Formula E.Foto: (Getty Images)
Jakarta -

FIA (Federation Internationale de l'Automobile) dan Formula E kembali merilis pernyataan terbaru terkait kelanjutan balap Formula E musim 2019/2020. Dalam edaran yang diterbitkan di situs fiaformulae, Kamis (16/4/2020), menyatakan penangguhan balap Formula E diperpanjang hingga akhir Juni 2020.

"Kami mengonfirmasi bahwa bendera merah diberlakukan pada Mei dan Juni. Artinya Berlin E-Prix tidak dapat lagi berlangsung sesuai yang direncanakan, pada 21 Juni 2020," tulis pernyataan resmi tersebut.

Sebagai informasi, FIA dan Formula E menggunakan simbol bendera untuk merespons keberlangsungan balap Formula E 2019/2020, di tengah pandemi COVID-19. Pada skenario bendera merah artinya balap tidak mungkin dilaksanakan, bendera kuning artinya balap berpotensi digelar, dan bendera hijau balap siap digelar lagi.

Dengan bulan Mei dan Juni diberi simbol bendera merah, maka bulan Juli mendapatkan status bendera kuning dan balapan bisa digelar dengan penjadwalan ulang.

Namun lebih penting dari itu, pihak FIA dan Formula menekankan bahwa mereka tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para staf, seluruh komunitas tim Formula E, tim, pabrikan, mitra, pebalap, penggemar, serta warga lokal tempat Formula E diselenggarakan.

FIA dan Formula E juga memiliki opsi untuk mengakhiri musim 2019/2020 dengan skenario poin balap tertinggi. Sejauh ini Formula E 2019/2020 sudah digelar sebanyak 5 seri, dengan Antonio Felix Dacosta menjadi pemuncak klasemen sementara (67 poin) bersama tim DS Techeetah. Lalu disusul Mitch Evans (56 poin) dari tim Panasonic Jaguar Racing, dan Alexander Sims (46 poin) dari tim BMW Andretti Motorsport.

Selain punya opsi memungkasi musim dengan poin balap tertinggi, FIA dan Formula E juga memiliki pilihan untuk memperpanjang musim balap 2019/2020 di luar tanggal asli berakhirnya.



Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com