Marc Marquez Ngebet Latihan di Sirkuit Meski Tengah Berlibur

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 13 Jul 2021 15:56 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez celebrates on the podium after winning the German MotoGP Grand Prix at the Sachsenring racing circuit in Hohenstein-Ernstthal near Chemnitz, eastern Germany, on June 20, 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)
Marc Marquez Foto: AFP/RONNY HARTMANN
Jakarta -

MotoGP tengah memasuki jeda libur musim panas selama satu bulan. Sejumlah rider menggunakan waktu tersebut untuk berlibur sejenak, termasuk Marc Marquez. Meski demikian pebalap asal Spanyol ini menyatakan akan tetap latihan demi meningkatkan performanya.

Setelah comeback dari cedera panjang musim lalu, Marquez secara perlahan ingin kembali ke performa terbaiknya. Tapi, kondisi lengan kanannya yang masih belum pulih total ternyata mempengaruhi penampilan di lintasan.

Alhasil, The Baby Alien belum bisa menunjukan performa optimal di musim ini. Namun dalam dua seri terakhir, Marquez menunjukan kembali kehebatannya. Dia berhasil meraih podium dengan finis posisi pertama di seri MotoGP Jerman.

Lalu performanya kembali ditunjukan dengan finis di peringkat tujuh saat seri MotoGP Belanda. Padahal, rider asal Spanyol itu memulai start dari urutan ke-20.

Saat jeda musim panas ini, Marquez berharap bisa mengambil kesempatan untuk kembali berlatih di lintasan. Tapi Marquez enggan mengambil risiko, ia juga ingin istirahat sejenak selama beberapa pekan.

"Ya, tentu saja pada liburan musim panas kami akan punya banyak waktu. Maksud saya, pertama-tama saya perlu istirahat, minimal satu setengah hingga dua minggu karena saya membutuhkan fisik yang kuat dan juga di sisi mental," kata Marquez dikutip Motorsport.

"Saya perlu untuk istirahat. Saya mulai dengan operasi bahu (tahun 2019), kemudian ketika saya sudah membaik, lalu saya menjalani operasi di lengan," sambungnya.

"Sudah dua tahun tanpa liburan dan saya butuh itu sekarang. Kemudian saya akan punya banyak waktu untuk terus bekerja," jelas The Baby Alien.

[Gambas:Instagram]



Rider berusia 28 tahun itu berharap kondisi lengannya terus membaik dan bisa berlatih di lintasan saat jeda libur musim panas. Marquez berencana akan terus meningkatkan porsi latihan sebelum MotoGP Austria berlangsung bulan depan.

"Rencana saya jika lengan sudah memungkinkan, saya ingin lebih banyak mengendarai motor karena saat ini saya hanya ingin membalap," ujarnya.

"Rencana saya adalah mencoba balapan selama beberapa hari sebelum MotoGP Austria dan mengenal lebih dalam kondisi motor untuk meningkatkan latihan fisik," pungkas Marquez.

Sampai saat ini, Marc Marquez tengah menghabiskan waktu dengan liburan. Dalam unggahan foto di Instagram miliknya @marcmarquez93, terlihat ia tengah bersantai di sebuah penginapan pinggir pantai.

Dalam captionnya, peraih delapan kali juara dunia ini mengatakan jika dia sudah memasuki hari-hari terakhir masa liburan. Apakah ini pertanda jika Marquez siap untuk berlatih kembali? Mari kita tunggu kejutannya.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)