Joan Mir: Suzuki GSX-RR Lebih Sangar dari Yamaha M1

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 08 Jul 2021 15:53 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  heads down a straight during the MotoGP of France - Qualifying at Le Mans on May 15, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Aksi Joan Mir menunggangi Suzuki GSX-RR di Sirkuit Le Mans pada MotoGP Perancis 2021. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir mengatakan bahwa Suzuki GSX-RR yang ditungganginya lebih 'sangar atau agresif, ketimbang motornya Valentino Rossi, Yamaha M1.

Dilansir dari Crash, Joan Mir mengatakan kedua motor ini meskipun menggunakan konfigurasi mesin yang sama, tapi hadir dengan karakter yang berbeda.

"Woah! Sangat sulit untuk menjawab pertanyaan (perbedaan GSX-RR dan M1) tersebut, karena saya hanya melihat dari luar dan juga hasilnya," papar Mir seperti yang ditulis oleh Crash.

"Saya rasa kedua motor ini tidak benar-benar sama. Ya walaupun benar, keduanya menggunakan mesin empat silinder segaris. Tetapi karakter dari kedua motor ini berbeda," papar Mir.

Pebalap tim Suzuki ini juga mengatakan kalau Yamaha M1 hadir lebih 'smooth' ketimbang GSX-RR yang membawanya juara di musim lalu.

"Kamu bisa lihat, para pebalap Yamaha berkendara dengan cara yang berbeda dibanding para pebalap Suzuki."

"Pebalap Suzuki ini berkendara lebih agresif sementara Yamaha lebih smooth. Tapi itu hanya dari pengelihatan saya saja. Saya rasa Suzuki lebih agresif ketimbang Yamaha," ujar Mir.

Di musim balap MotoGP 2021 yang sudah berlangsung sebanyak sembilan seri, Yamaha tercatat menjadi motor yang paling sering mendapat podium juara dengan lima kali juara.

Bahkan dari sembilan seri yang sudah berlangsung, motor Yamaha baru sekali absen dari podium, tepatnya pada gelaran GP Catalunya.

Di sisi lain, Suzuki tercatat baru tiga kali naik podium dari sembilan seri MotoGP 2021 ini. Dari tiga kali podium tersebut, Suzuki bahkan hanya sanggup merebut posisi ketiga.

Di musim balap MotoGP 2021 ini, tercatat hanya ada enam pabrikan motor yang berlaga. Motor Yamaha dan Suzuki menggunakan mesin berkonfigurasi empat silinder segaris. Sedangkan motor Honda, Ducati, KTM dan Aprilia menggunakan mesin berkonfigurasi V-Twin, V-Twin 90 derajat atau L-Twin 90 derajat.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)