MotoGP Belanda: Capek Gagal Terus, Maverick Vinales Mau 'Nyontek' Quartararo Saja

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 25 Jun 2021 13:45 WIB
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez (L) competes with Monster Energy Yamaha Spanish rider Maverick Vinales during the MotoGP race of the Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on July 19, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Aksi Maverick Vinales melawan Marc Marquez pada gelaran MotoGP Spanyol di Jerez (19/7/20) silam. Foto: AFP/JAVIER SORIANO
Jakarta -

Pil pahit harus ditelan oleh Maverick Vinales pada gelaran MotoGP Jerman kemarin. Di mana dirinya, harus puas finis di urutan terakhir. Tidak mau gagal lagi di GP Assen, Minggu (27/6/21) nanti, Vinales akan mencontoh rekan setimnya yaitu Fabio Quartararo.

Dilansir dari Crash, Vinales mengatakan bahwa hasil buruk yang didapatnya di MotoGP Jerman adalah hasil terburuk sepanjang sejarah yang ia dapatkan sejak pertama kali balapan di usia dini.

"Saya tidak merasa terhormat sebagai pebalap karena saya tidak pernah berada di posisi ini sebelumnya. Saya bahkan tidak ingat pernah melakukan ini sejak saya balap di waktu kecil. Jelas saja karena ini saya sangat kecewa," ujar Maverick Vinales.

Vinales sebenarnya memulai balapan musim 2021 ini dengan sangat percaya diri. Pebalap tim pabrikan Yamaha ini berhasil menyabet podium tertinggi pada gelaran MotoGP Qatar (28/3//21) silam.

Namun setelah Qatar, Vinales belum pernah kembali berada di posisi terdepan. Posisi terbaiknya di dapatkan pada MotoGP Portugal dan MotoGP Catalunya, di mana dirinya berhasil finis di posisi kelima.

Vinales bertekad memperbaiki rekor buruknya ini di MotoGP Belanda. Pebalap asal Spanyol ini akan bermain dengan strategi yang sama persis dengan yang dimainkan oleh Fabio Quartararo.

"Jelas saja, solusi terbaik saat ini adalah dengan memakai (pengaturan) motor yang sama dengan Fabio. Sama dari segi elektronik, dari segi clicks, sama dari segi suspensi hingga sama semuanya untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi," ujar pebalap dengan nomor motor 12 ini.

"Jadi saat ini di Assen, saya akan menyalin semuanya. Benar-benar semuanya. Dan kita akan melihat (apa hasilnya)," papar Vinales.

Menjelang MotoGP Belanda, Vinales masih menduduki posisi enam klasemen sementara MotoGP 2021. Vinales mengantongi 75 poin saat ini dan terpaut 56 angka dengan sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)