Obati Luka, Saatnya Maverick Vinales Juara di MotoGP Belanda!

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 24 Jun 2021 09:24 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 18: Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  
 speaks in box during the  MotoGP of Germany - Free Practice at Sachsenring Circuit on June 18, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Maverick Vinales akan mencoba mengulang sukses 2019 saat jadi juara di MotoGP Belanda (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Maverick Vinales tampil begitu buruk di MotoGP Jerman pekan lalu dan hanya bisa finis di posisi paling buncit (19). Akhir pekan ini, Vinales bisa mengobati luka tersebut di seri MotoGP Belanda. Pebalap asal Spanyol itu memiliki modal berharga karena pernah juara di Sirkuit Assen, Belanda, pada 2019 lalu.

Pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales, tengah dalam performa yang jeblok. Sempat tampil sip dengan menjuarai MotoGP Qatar 2021, Vinales justru mengalami penurunan performa, hingga titik terendahnya terjadi pada gelaran MotoGP Jerman 2021, di mana ia menjadi pebalap terakhir yang menyentuh garis finis.

Vinales mengaku bahwa performa buruknya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pekan lalu, terjadi karena ada masalah di motornya, yakni kurangnya grip atau daya cengkeram ban belakang motornya saat ia bermanuver.

MotoGP - TT Assen Grand Prix - TT Circuit Assen, Assen, Netherlands - June 30, 2019   Monster Energy Yamaha's Maverick Vinales celebrates winning the race on the podium with second placed Repsol Honda's Marc Marquez and third placed Petronas Yamaha SRT's Fabio Quartararo   REUTERS/Piroschka Van De WouwVinales pernah juara MotoGP Belanda 2019 Foto: Piroschka Van De Wouw/Reuters

"Saya mencoba untuk melaju cepat, tapi sulit untuk menyalip dengan motor ini. Yang membuat saya lebih frustrasi adalah (saya seperti) tidak memiliki jawaban, mengapa (ban belakang motor) saya kehilangan grip ketika saya memutar gas. (Tentunya) kami akan bekerja untuk menemukan jawaban atas permasalahan itu," ujar Vinales.

Seolah ingin melupakan performa buruk itu, Vinales pun menatap optimistis menjelang gelaran MotoGP Belanda 2021 yang akan digelar pada akhir pekan ini. Sirkuit Assen di Belanda merupakan salah satu trek yang disukai pebalap Yamaha, termasuk Vinales. Selain itu, Vinales punya modal berharga lantaran pernah jadi juara di sini pada 2019 lalu.

"Assen adalah trek yang sangat saya sukai. Saya ingin kembali ke motor secepat mungkin, sehingga saya bisa bekerja lagi. Setelah akhir pekan yang mengecewakan, kami selalu ingin terus bekerja dan menemukan cara untuk berkembang," kata Vinales, dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (24/6/2021).

"Kami jelas memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi tidak apa-apa. Saya memenangi MotoGP Belanda 2019. Jadi setidaknya kita tahu bahwa pengaturan yang mirip dengan yang dulu harus menjadi titik awal yang baik," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini Maverick Vinales menghuni posisi 7 di klasemen sementara MotoGP 2021, dengan mengemas 75 poin. Vinales tertinggal dari rekannya, Fabio Quartararo, yang nyaman di puncak klasemen sementara dengan 131 poin.

(lua/din)