MotoGP Belanda: Pebalap yang Gantikan Morbidelli Pernah Rawat Motor Rossi

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 24 Jun 2021 12:56 WIB
Garrett Gerloff
Garrett Gerloff pebalap yang gantikan Franco Morbidelli di MotoGP Belanda Foto: Twitter @YamahaMotoGP
Jakarta -

Yamaha tetap balapan dengan empat rider, meski Franco Morbidelli absen di MotoGP Belanda 2021. Petronas Yamaha SRT menunjuk pebalap pengganti yang pernah mencicipi motor Valentino Rossi. Siapakah dia?

Franco Morbidelli cedera lutut usai mengalami insiden dalam sesi latihan, Selasa (22/6/2021). Rider berpaspor Italia itu harus dirawat dan absen dari race MotoGP Belanda akhir pekan ini.

Yamaha langsung bergerak cepat dengan menunjuk rider pengganti Morbidelli. Dia adalah Garret Gerloff, pria asal Amerika Serikat yang bakal menunggangi YZR-M1 milik Morbidelli di Sirkuit Assen.

Garrett Gerloff merupakan rider aktif Superbike, pebalap ini sudah empat kali merebut podium dalam ajang kejuaraan tersebut. Sebelum berkarir di Superbike, pria 25 tahun ini sudah memenangkan dua gelar di MotoAmerica Supersport Championship, dan menempati tempat ketiga di MotoAmerica Superbike Championship.

"Saya senang karena kesempatan seperti itu muncul dengan sendirinya. Saya bukan seseorang yang lari dari tantangan jadi saya siap untuk mencapai trek. Ini akan menjadi latihan baru bagi saya, tetapi saya suka mencoba hal baru," ujar Gerloff dikutip Speedweek, Kamis (24/6/2021).

"Kelihatannya menyenangkan, cepat dan lancar dan cocok dengan gaya mengemudi saya. Kami akan melihat bagaimana kelanjutannya, tetapi saya merasa baik dan ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim karena telah mempertimbangkan saya," sambung dia.

Well, ini bukan kali pertama Gerloff dipanggil untuk mengganti pebalap Petronas Yamaha SRT. Pada November 2020 lalu, Gerloff sempat menggantikan Rossi yang terinfeksi virus COVID-19.

Gerloff sempat cicipi YZR-M1 Valentino Rossi dalam sesi latihan bebas pertama dan kedua di Sirkuir Ricardo Tomo, Valencia, MotoGP Eropa 2020 lalu. Namun Rossi sembuh dari negatif, hingga akhirnya the Doctor yang menjalani race di MotoGP Eropa.

Kendati demikian Gerloff kala itu tetap senang sekaligus terkejut. Lantaran mendapat ucapan terima kasih dari pebalap idolanya.

"Saya terkejut, saya tidak menduga. Dia mengatakan kepada saya bahwa saya melakukan pekerjaan dengan baik dan berterima kasih kepada saya karena telah merawat motornya. Itu adalah mimpi, sesuatu yang hebat," ujar Gerloff seperti dikutip Tuttorimotoweb saat itu.

Sebelumnya Yamaha juga meminta pebalap Superbike, Toprak Razgatlioghu untuk naik ke kelas MotoGP, namun pebalap asal Turki itu ingin fokus di Superbike World Championship. Sebab ia sedang dalam perebutan gelar dan nangkring di tempat kedua klasemen sementara.

MotoGP Belanda akan digelar Minggu (27/6) akhir pekan ini dan akan dimulai pukul 19.00 WIB. Balapan bisa disaksikan melalui live streaming MotoGP di detikOto dan secara live di Trans7.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)