Baju Balap Quartararo yang Terbuka Harganya Tembus Rp 37 Juta!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 07 Jun 2021 14:56 WIB
Fabio Quartararo
Baju balap Fabio Quartararo yang terbuka saat balapan. Foto: Screenshot Trans7
Jakarta -

Baju balap Fabio Quartararo terbuka saat balapan MotoGP Catalunya 2021 menyisakan beberapa lap lagi. Quartararo melanjutkan sisa balapan dengan ritsleting baju balap terbuka dan chest protector yang dibuang.

Quartararo sendiri menggunakan baju balap Alpinestars Racing Absolute Leather Suit Tech-Air. Baju balap itu terbilang sangat aman untuk digunakan balapan. Pembalap yang menggunakannya akan terlindungi jika terjadi kecelakaan.

Alpinestars Absolute Leather Suit memang didesain atas masukan dari pembalap MotoGP. Bahu, lutut, siku, lengan bawah, hingga sisi belakang memiliki lapisan perlindungan tambahan. Alpinestars Absolute Leather menggunakan bahan kulit kanguru 1,1 mm kelas premium untuk ketahanan abrasi, ringan, fleksibel dan membuat pembalap nyaman untuk bernapas.

Alpinestars Absolute Leather Suit yang digunakan Quartararo disebut sebagai baju balap tingkat tinggi yang menggabungkan teknologi yang diturunkan dari MotoGP. Bahan kulit kanguru diklaim fleksibel sehingga pengendaranya lebih nyaman bergerak.

Perlindungan baju balap dapat mendukung kekuatan dampak saat pengendara jatuh. Lapisan kulit telah diuji untuk menentukan ketangguhan dan ketahanannya terhadap abrasi serta kualitas layanannya. Baju balap memiliki enam potong pelindung yang masuk ke saku bagian dalam. Dua pelindung di lengan, dua di kaki, satu untuk dada dan satu untuk punggung.

Biasanya pemasok baju balap menyediakan empat setel setiap seri balapan untuk satu pembalap. Itu juga bisa memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung kebutuhan pengendara. Jika akhir pekan sangat sial untuk pembalap karena banyak terjatuh hingga menimbulkan sobekan, di paddock juga terdapat bengkel untuk memperbaiki baju balap yang rusak.

Baju balap ini bisa disematkan sistem airbag. Airbag memiliki dua muatan dan tetap mengembang selama lima detik setelah jatuh. Baju balap memiliki sensor yang sangat canggih yang dapat mendeteksi apakah pengendara berada di trek atau tidak dan perbedaan antara jatuh dan nyaris jatuh. Ini diaktifkan hampir secara instan, bahkan sebelum pengendara menghantam aspal.

Dilihat dari situs resmi Alpinestars, baju balap Alpinestars Racing Absolute Leather Suit Tech-Air seperti yang digunakan Fabio Quartararo dijual dengan harga US$ 2.599,95. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini, harga baju balap Quartararo setara dengan Rp 37 juta.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)