Hasil MotoGP Italia 2021: Quartararo Pemenangnya, Oliveira Kedua, Joan Mir Ketiga

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 30 Mei 2021 20:22 WIB
French rider Fabio Quartararo competes during a qualifying session ahead the Italian Moto GP Grand Prix at the Mugello race track in Scarperia e San Piero on May 29, 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)
Fabio Quartararo jadi pemenang di MotoGP Italia Foto: AFP/TIZIANA FABI
Jakarta -

Hasil MotoGP Italia 2021 sudah bisa disimak. Fabio Quartararo keluar sebagai yang tercepat di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (30/5/2021). Pebalap asal Prancis itu berhasil menghentikan kemenangan beruntun Ducati di Italia.

Dalam balapan di Mugello, Minggu (30/5/2021) malam WIB, Quartararo start terdepan. Ia mampu bertahan dari serangan rudal-rudal Ducati. El Diablo menjadi yang tercepat dengan menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 41 menit 16,344 detik.

Drama sudah dimulai sebelum balapan digelar. Bastianni terjatuh saat sesi pemanasan, ia terjatuh karena melihat Johann Zarco yang tiba-tiba melakukan rem mendadak.

Saat lampu hijau dinyalakan, sebenarnya Pecco Bagnaia yang start dari belakang Quartararo tampil menjanjikan. Dia bisa melesat ke posisi pertama sedari awal balapan. Tetapi bencana menimpa bintang pabrikan Ducati itu ketika ia jatuh saat memimpin pada lap ke-2.

Sementara rider Honda, Marc Marquez yang start dari posisi 11 hampir celaka di MotoGP Italia. Dia terlibat senggolan dengan Brad Binder hingga jatuh di lap kedua. Dia nyaris terlindas Franceso Morbidelli!

Sementar di barisan grid depan menyisakan duel Prancis singkat antara Quartararo dan Zarco. Pebalap Pramac Ducati awalnya mampu melesat ke depan di lintasan lurus, tetapi Quartararo terus-menerus membalas di tikungan dan segera mampu meraih kemenangan ketiganya jauh meninggalkan lawannya.

Tetapi upaya Zarco untuk bertahan di posisi dua kian sirna. Dia disalip rider KTM, Miguel Oliveira, dan Suzuki, Joan Mir.

Hingga akhirnya Oliveira mengalahkan Mir untuk posisi kedua, tetapi kemudian diturunkan ke posisi ketiga karena track limits pada lap terakhir. Keputusan berubah kemudian sebab Mir juga melakukan kesalahan yang sama.

Hasil akhirnya, Fabio Quartararo jadi yang terdepan, Miguel Oliviera kedua, dan Joan Mir melengkapi podium.

Melengkapi posisi 10 besar ada Johann Zarco, Brad Binder, Jack Miller, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi. Sementara pebalap yang gagal finis kali ini Enea Bastianini, Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Alex Rins, dan Takaaki Nakagami.

Berikut ini hasil MotoGP Italia 2021:

Hasil MotoGP Italia 2021Hasil MotoGP Italia 2021 Foto: MotoGP


Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)