Dovizioso Lanjut Jadi Test Rider Aprilia, Beri Sinyal Comeback di MotoGP 2022

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 22 Mei 2021 17:30 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - JANUARY 31:  Andrea Dovizioso of Italy and Yamaha Tech 3 looks on the bike in box during the first day of MotoGP testing at Sepang Circuit on January 31, 2012 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso akan melanjutkan program sebagai test driver bersama Aprilia Racing musim ini (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Mantan pembalap MotoGP, Andrea Dovizioso akan melanjutkan rencananya bersama Aprilia untuk menjadi test rider Sejumlah tes yang dijalani oleh Dovi diperkirakan sebagai persiapan untuk comeback di lintasan pada 2022 mendatang.

Dovizioso akan melanjutkan sesi uji coba bersama Aprilia untuk ketiga kalinya di tahun ini. Pengujian akan dilakukan pada tanggal 23 dan 24 Juni, yang rencananya digelar di Sirkuit Misano, Italia.

Sebelumnya pembalap yang berjuluk The Little Dragon ini sudah mengikuti sesi uji coba sebanyak dua kali dengan Aprilia. Dovizioso sudah menggeber motor RS-GP 2021 di Sirkuit Jerez dan Mugello, saat tes di Italia sempat terhambat oleh cuaca buruk.

Setelah menjalani sesi uji coba yang ketiga nanti, Dovi akan melakukan serangkaian tes lagi. Namun sampai sekarang pihak Aprilia belum menentukan lokasi selanjutnya, yang jelas akan ada jeda satu bulan setelah uji coba di Sirkuit Misano.

"Karena saya tidak dapat menguji di Sirkuit Mugello dalam kondisi kering, saya senang Aprilia Racing meminta saya untuk melanjutkan sesi tes balap lagi, sehingga dapat memberikan kontribusi dari saya untuk terus mengembangkan motor," ujar Dovizioso dikutip Crash.

"Saya pikir ini akan bermanfaat bagi kami berdua (Dovizioso dan Aprilia), untuk melanjutkan sesi uji coba dengan motor MotoGP dalam mengantisipasi kemungkinan saya kembali di 2022. Bagi Aprilia tentu sangat berharga karena mendapatkan berbagai informasi yang mereka rasa perlu," sambung peraih runner-up MotoGP sebanyak tiga kali itu.

Sementara Direktur Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, menyebut Dovizioso sangat membantu dalam mempercepat dan mengembangkan proyek motor RS-GP yang digunakan di ajang MotoGP.

"Proyek motor RS-GP telah berevolusi besar dari tahun lalu, dan sekarang kami dapat melakukan pengembangan lebih lanjut," ungkapnya.

Saat ini Dovizioso tengah vakum dari dunia balap MotoGP. Namun pria berusia 35 tahun itu baru saja mendapatkan kesibukan baru, yakni sebagai brand ambassador atau duta besar merek motor skutik Italjet Dragster. Hitung-hitung sambil menunggu persiapan dirinya untuk kembali di ajang MotoGP.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)