Nggak Nganggur Lagi, Dovizioso Jadi Test Rider Aprilia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 11:49 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 07: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team looks on in box during the qualifying for the MotoGP of Europe at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 07, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Setelah tak lagi balapan bersama Ducati, Andrea Dovizioso sempat nganggur di tahun 2021 ini. Tapi, Dovizioso dipastikan tak menjadi pengangguran lagi. Pebalap asal Italia itu bakal menjadi pebalap penguji atau test rider Aprilia.

Mulai Senin (12/4/2021), Dovizioso akan menunggangi Aprilia RS-GP di Circuito de Jerez-Angel Nieto. Mantan pebalap Ducati itu akan mengambil kesempatan dalam tes pribadi bersama Aprilia Racing Team Gresini.

Aprilia mengumumkan bahwa mereka menawarkan Dovizioso kesempatan untuk menguji motor RS-GP bar. Pebalap yang menjadi runner-up MotoGP tiga kali itu sempat mengambil cuti panjang pada tahun 2021 setelah kehilangan posisinya di Ducati.

Belum diketahui apakah Dovizioso akan balapan dengan Aprilia atau tidak di beberapa kesempatan selama musim 2021. Dikutip laman resmi MotoGP, manajer Dovizioso, Simone Battistella menegaskan bahwa kecil kemungkinan Dovi akan kembali ke balap Grand Prix musim ini. Battistella juga menegaskan bahwa belum ada tanggal tes lain yang dijadwalkan, tetapi tentu saja itu bisa berubah, tergantung pada apa yang terjadi antara 12-14 April di Andalucia.

"Yah, menurutku tidak ada peluang musim ini. Yang pasti dia ingin melakukan tes dan dia menerima undangan dari Aprilia. Dia sangat tertarik untuk kembali mengendarai motor MotoGP. Kami bekerja untuk tahun 2022. Kami tidak memikirkan 2021," kata Battistella.

"Ini hanya tes untuk saat ini. Kami tidak merencanakan atau membicarakan hal lain. Mungkin ada tes lain atau lebih banyak tes, tapi saat ini kami hanya memutuskan untuk melakukan tes ini dan mengambilnya dari sana."

Dovizioso pun mengungkapkan rasa bahagianya bisa menjadi bagian test rider untuk tim Aprilia. Dengan mengikuti tes, dirinya berharap bisa memberikan performa terbaik serta masukan kepada tim teknisi.

"Saya senang dengan ketertarikan Aprilia dan ketika kami berbicara tentang peluang melakukan tes ini, saya dengan senang hati menerima undangan untuk mengendarai motor MotoGP lagi dan tetap dalam performa terbaik, serta memberi masukan kepada para teknisi. Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia Racing atas kesempatan ini," kata Dovizioso dikutip Autosport.



Simak Video "Raih Pole Position di MotoGp Andalusia, Quartararo 'Asapi' Bintang Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)