Bukan Ducati atau Yamaha, Honda Paling Ngebut di Le Mans

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 17 Mei 2021 15:16 WIB
Alex Marquez
Alex Marquez meraih kecepatan tertinggi di Le Mans. Foto: Twitter @lcr_team
Jakarta -

MotoGP mencatat rekor kecepatan tertinggi di sirkuit Le Mans pada MotoGP Prancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB. Motor tercepat di sirkuit Le Mans bukan Ducati atau Yamaha. Ternyata motor Honda mencetak kecepatan tertinggi di sirkuit tersebut akhir pekan kemarin.

Dalam dokumen yang diterbitkan MotoGP, Alex Marquez dari tim LCR Honda Castrol dengan motor Honda RC213V mencetak kecepatan tertinggi di sirkuit Le Mans. Adapun kecepatan tertinggi di Le Mans tercatat sampai 323,7 km/jam. Kecepatan tertinggi itu diraih Alex Marquez pada sesi Free Practice (FP) 4.

Sementara motor Ducati yang ditunggangi Johann Zarco mengisi posisi kedua kecepatan tertinggi di Le Mans. Zarco tercatat bisa ngebut sampai 322,7 km/jam saat sesi balapan semalam.

Di posisi ketiga kembali diisi oleh pebalap Honda, Pol Espargaro. Pol tercatat mencapai kecepatan 321,6 km/jam pada FP4. Kecepatan yang sama 321,6 km/jam diraih Jack Miller dengan tunggangan Ducati Desmosedici pada sesi kualifikasi 2.

Motor Honda RC213V yang meraih kecepatan tertinggi di Le Mans ini mengadopsi mesin berkonfigurasi V4 berkapasitas 1.000 cc. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 240 daya kuda. HRC telah meninjau semua detail mesin baru, membuatnya lebih ringan, lebih bertenaga dan mudah dikendalikan oleh pebalapnya.

Untuk mendukung kestabilan, Honda RC213V dibekali suspensi Ohlins di depan dan belakang. Menyediakan hubungan penting antara roda dan sasis, tugas suspensi adalah menjaga agar ban tetap menyentuh tanah dan menghasilkan cengkeraman maksimal. Di depan tersedia suspensi Telescopic fork dan suspensi belakang dengan Pro-link.

Sedangkan Ducati yang menjadi motor tercepat kedua setelah Honda, dibekali mesin Desmodromic V4 90 derajat berpendingin cairan DOHC empat katup per silinder. Mesin itu memiliki kapasitas 1.000 cc. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission, chain final drive ini mampu menyemburkan tenaga hingga 250 daya kuda.

Soal kecepatan tertinggi, tampaknya bukan bagian Yamaha. Paling ngebut di Le Mans, Yamaha YZR-M1 hanya mencatat kecepatan 315,5 km/jam, di bawah Honda, Ducati, Suzuki, dan KTM. Kecepatan 315,5 km/jam itu diraih oleh Fabio Quartararo di sesi FP2.



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)