MotoGP Prancis 2021: Ini Capaian Pebalap dan Tim Indonesia di Sirkuit Le Mans

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 17 Mei 2021 12:49 WIB
Pertamina Mandalika SAG Team di Seri Pembuka Moto2 2021
Pertamina Mandalika SAG Team Foto: Pool
Jakarta -

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team menorehkan hasil lebih baik di Moto2 Prancis 2021. Bo Bendsneyder mencatatkan poin dengan finis di tempat kelima, ini jadi hasil terbaik sepanjang tim Pertamina Mandalika SAG Team bersaing di Moto2 2021.

Balapan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5). Pebalap dari Inde Aspar Team Team berhasil keluar sebagai pemenang, Raul Fernandez berhasil menyelesaikan balapan terdepan dengan catatan waktu 40 menit 46,396 detik.

Pebalap berdarah Spanyol itu finis 1,490 detik di depan rekan setimnya, Remy Gardner. Melengkapi tempat ketiga, diduduki pebalap SKY Racing Team, Marco Bezzechi yang terpaut 4,599 detik.

Bagaimana kiprah pebalap Pertamina Mandalika SAG Team?

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder yang start dari posisi 6 berhasil memperbaiki posisi hingga akhir balapan. Rider Belanda keturunan Indonesia itu jadi satu-satunya pebalap Pertamina Mandalika SAG Team yang bisa mencetak poin di MotoGP Spanyol.

Ia naik sempat naik ke posisi tiga sedari putaran kelima hingga balapan menyisakan 10 lap lagi. Namun posisinya merosot, disalip Remy Gardner, Marco Bezzechi, dan Tony Arbolino. 'Mas Bo' akhirnya finis di tempat kelima terpaut 11,887 detik dari Raul Fernandez, dan mendapat tambahan 11 poin.

Lima seri sudah digelar, Bo berhasil mengumpulkan 24 poin, beda 65 poin dari pemimpin klasemen sementara Moto2, Remy Gardner.

Sementara rider Pertamina Mandalika SAG Team lainnya, Thomas Luthi yang start dari posisi 23, namun gagal menuntaskan balapan. Mantan jawara 125 cc itu saat ini bertengger di posisi 27 klasemen sementara Moto2 dengan mencetak 1 poin.

Dalam klasemen tim sementara, Pertamina Mandalika SAG Team berada di urutan 10 dengan koleksi 25 poin. Peluang masuk lima besar masih terbuka, mengingat masih terdapat belasan seri Moto2, dan saat ini selisih 23 poin dari Liqui Moly Intact GP yang duduk di tempat kelima.

Andi Gilang Raih Poin Pertama

Dari kelas Moto3, pebalap Indonesia Andi Gilang sukses meraih poin pertamanya musim ini setelah menuntaskan balapan di Sirkuit Le Mans dengan menduduki posisi 15.

Andi Gilang, yang memperkuat Honda Team Asia, meraih hasil tersebut dengan dramatis. Dia menyalip Mazimilian Kofler di tikungan terakhir untuk akhirnya bisa meraih poin perdana di Moto3 musim ini.

Di kelas Moto3, dua rider Indonesian Gresini, Jeremy Alcoba dan Gabriel Rordigo, tak mampu memberi hasil optimal. Keduanya gagal meraih poin setelah masing-masing menuntaskan race di posisi 22 dan gagal finis.



Simak Video "Mengenal Dimas Ekky Pratama, Pembalap Mandalika Racing Team Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)