BMW M5 CS, Hadiah buat 'Raja Kualifikasi' MotoGP 2021

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 19 Apr 2021 18:15 WIB
BMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP Terbaik
BMW M5 CS, Hadiah buat Raja Kualifikasi di MotoGP. Foto: Dok. BMW.
Jakarta -

BMW kembali mempersembahkan sebuah mobil baru untuk pebalap MotoGP terbaik. Dalam penghargaan BMW M Award, pebalap MotoGP terbaik akan disuguhkan sebuah mobil BMW M5 CS.

Pada tahun 2021 ini, hadiah BMW M5 CS akan diberikan kepada pebalap dengan kualifikasi tercepat selama musim ini. Ini merupakan model CS ultra-sporty terbaru milik BMW.

Model special edition yang diproduksi terbatas ini memadukan performa tinggi dengan tampilan eksklusif dan mewah. Mobil ini dibekali mesin V8 4.4 liter dengan tenaga 635 daya kuda, menjadikan BMW M5 CS mobil paling bertenaga dalam sejarah BMW M.

BMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP TerbaikBMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP Terbaik Foto: Dok. BMW

"BMW M5 CS telah beraksi sebagai salah satu mobil keselamatan MotoGP baru kami sejak pembuka musim di Qatar. Oleh karena itu, merupakan keputusan yang jelas bagi kami untuk menawarkan mitra produksinya sebagai hadiah BMW M Award 2021," kata Markus Flasch, CEO BMW M GmbH.

"Selama hampir dua dekade, BMW M Award telah menjadi pilar keterlibatan kami sebagai 'Mobil Resmi MotoGP'. Itu selalu penting bagi kami untuk menghormati penampilan kualifikasi para pebalap MotoGP dengan hadiah spektakuler. Pada tahun 2021, kami mempersembahkan BMW M5 CS - model teratas baru dalam rangkaian mobil berperforma tinggi kami. Kami sekarang berharap semua pebalap MotoGP - kami tertarik untuk melihat siapa yang akan mendapatkan BMW M5 CS di akhir musim, sebagai pemenang BMW M Award," katanya.

BMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP TerbaikBMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP Terbaik Foto: Dok. BMW

BMW M5 CS ini punya performa yang cukup baik. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 3 detik. Akselerasi 0-200 km/jam dituntaskan dalam 10,3 detik. Kecepatan tertinggi diatur secara elektronik sampai 305 km/jam.

Mesin berperforma tinggi ini dipadukan dengan transmisi M Steptronic delapan percepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem penggerak semua roda M xDrive, yang juga menawarkan mode 2WD untuk penggerak roda belakang.

Bobot mobil ini lebih ringan daripada M5 lainnya. BMW M5 CS memiliki empat knalpot stainless steel. Fitur lainnya termasuk rem keramik M Carbon.

Kap mesin, splitter depan, cover spion, spoiler belakang, diffuser belakang, penutup kompartemen mesin M Power dan intake silincer terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Beberapa elemen menonjolkan serat karbon. Mobil ini memiliki warna Frozen Deep Green metallic, warna yang sama dengan BMW M5 CS yang menjadi safety car MotoGP.

BMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP TerbaikBMW M5 CS, Hadiah buat Pebalap MotoGP Terbaik Foto: Dok. BMW

Di bagian dalam, BMW M5 CS ini bisa dinikmati oleh empat orang, sopir dan penumpang depan di jok M Carbon dan dua penumpang lainnya di jok belakang. Head rest dengan logo M5 menyala menghiasi jok depan. Setir dibalut dengan lapisan Alcantara. Persneling terbuat dari serat karbon.

Sejak 2003, pebalap MotoGP dengan hasil terbaik di kualifikasi telah mendapatkan hadiah mobil BMW M eksklusif yang dirancang secara individual di akhir musim. Seperti halnya sistem penilaian untuk balapan, para pebalap menerima poin untuk posisi mereka dalam kualifikasi di setiap akhir pekan Grand Prix.

Pembalap yang meraih poin terbanyak di akhir musim memenangkan Penghargaan BMW M. Pemegang rekor terbanyak adalah Marc Márquez, dia sudah tujuh kali meraih BMW M Award berturut-turut dari 2013 hingga 2019. Musim lalu, pada 2020, pembalap Prancis Fabio Quartararo masuk daftar pemenang untuk pertama kalinya.



Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)