Resmi! Sirkuit Mandalika Tak Gelar MotoGP 2021, Mundur Tahun Depan

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 10 Apr 2021 07:02 WIB
Riders take the start of the MotoGP Styrian Grand Prix on August 23, 2020 at Red Bull Ring circuit in Spielberg bei Knittelfeld, Austria. (Photo by Joe Klamar / AFP)
Balapan MotoGP belum akan datang ke Sirkuit Mandalika, Indonesia, di tahun 2021 ini (AFP/JOE KLAMAR)
Jakarta -

MotoGP Indonesia dipastikan belum akan bisa digelar tahun 2021 ini. Balap motor di kelas paling bergengsi tersebut baru akan bisa dihelat di Sirkuit Mandalika kemungkinan pada Maret 2022.

Keputusan untuk tidak menggelar MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada tahun 2021 ini diambil setelah perwakilan Dorna Sports dan FIM melakukan kunjungan ke Indonesia pada awal pekan ini. Dorna dan FIM ketika itu mengaku puas dengan perkembangan pembangunan sirkuit.

Meski begitu, MotoGP Indonesia dipastikan tidak akan dihelat tahun ini.

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebenarnya optimistis Sirkuit Mandalika bakal siap menggelar balapan MotoGP Indonesia tahun ini. Tapi Dorna dan FIM berkata lain.

"Target untuk Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika masih untuk menggelar MOTUL FIM Superbike World Championship pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, seluruh pihak yang terlibat sepakat untuk menahan gelaran MotoGP pertama di sirkuit ini di paruh pertama musim 2022, secara prinsip di Bulan Maret," demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

Meski gagal jadi tuan rumah MotoGP tahun ini, Indonesia masih diberi peluang untuk menggelar sesi latihan resmi. Itu diperkirakan akan bisa dilakukan menjelang akhir 2021.

Terkait MotoGP Indonesia yang belum akan digelar tahun ini, Menteri BUMN Erick Thohir mendukung wacana balapan digelar Maret 2022.

"Saya sepenuhnya mendukung event MotoGP digelar Maret 2022. Ini sejalan dengan Pemerintah Indonesia yang terus mendorong program vaksinasi. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar negeri," kata Erick.

"Kami berterima kasih pada FIM dan Dorna yang sudah datang dan melakukan tinjauan teknis, yang mana semuanya berjalan baik dan sesuai dengan ekspektasi mereka. Dengan mengetahui secara pasti bulan digelarnya MotoGP, kami memastikan akan fokus menuntaskan pembangunan Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika, sekaligus juga mengoptimalkan apa yang bisa ditawarkan dari event olahraga besar ini," timpal Presiden Direktur ITDC, Abdulbar M. Mansoer.



Simak Video "Melihat Kelebihan dari Aspal yang Digunakan di Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)