MotoGP Doha 2021: Rossi Start Kedua dari Belakang, Tapi Terburuk saat di Ducati

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 04 Apr 2021 18:38 WIB
DOHA, QATAR - APRIL 03: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT strats from box during the qualifying practice during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on April 03, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi harus puas memulai balapan dari posisi 21 pada MotoGP Doha 2021. Tapi menurut The Doctor, hasil itu lebih baik ketimbang dirinya saat berseragam Ducati.

Sejak MotoGP Qatar 2021 pekan lalu, pebalap berusia 42 tahun ini memang mengalami masalah pada daya cengkram ban belakang. Tapi The Doctor masih mampu menyelesaikan balapan di posisi 12 besar, itu pun setelah dia melorot dari start posisi 4.

Rossi juga lebih lambat jika dibandingkan minggu lalu, ia bisa meraih hasil kualifikasi dengan torehan waktu 1 menit 53,114 detik. Kini The Doctor rider asal Italia itu harus puas bertengger di posisi 21 alias nomor dua dari belakang dengan catatan waktu 1 menit 54,881 detik.

Menariknya, Rossi mengakui bahwa hasil kualifikasi itu lebih baik saat masih berseragam Ducati. Seperti diketahui Rossi pernah dilanda cedera di MotoGP Belanda 2006 yang harus start dari posisi 18, lalu MotoGP Jerman 2011, ia harus memulai balapan dari posisi 16.

"Bagi saya ini bukan kualifikasi terburuk saya. Saya pikir saya pernah lebih buruk dengan Ducati!" kata Rossi seperti dicuplik Crash, Minggu (4/4/2021).

Diakui Rossi, ia sempat menggunakan ban keras saat free practice 3 (FP3). Dia cukup sreg dengan setelan tersebut, hingga akhirnya tembus ke 10 besar. Tapi dia tahu betul, kualifikasi di malam hari, ban tersebut kurang ideal.

"Saya memiliki banyak masalah dengan ban belakang [ban lunak] tetapi di FP3 dengan ban keras ada banyak angin dan pasir di trek, kondisi yang sangat berbeda dan waktu putaran saya sama (dengan pembalap lain)," ungkap Rossi.

Meski posisi start-nya sangat tidak menguntungkan, Rossi tak menyerah begitu saja. Dia berusaha keras untuk menjaga jarak dengan rombongan pembalap di depannya.

"Tentu saja, balapan besok akan sulit karena saya start dari posisi belakang. Sayangnya, saya tidak cukup cepat. Jadi, saya akan berusaha mengikuti para pembalap di depan saja," ujar Rossi.

"Pekan lalu, kurang lebih para pembalap bisa berada dalam barisan. Tidak ada perbedaan besar di antara kelompok ini. Saya akan berusaha menempel mereka dan kita lihat saja nanti," imbuh dia.



Simak Video "Joan Mir Pede Juara MotoGP Lagi, Rossi Jagokan Morbidelli"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)