Dorna Mau MotoGP Jalan Terus Musim Ini, Pebalap Bakal Divaksin COVID-19

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 09 Feb 2021 06:47 WIB
Franco Morbidelli, Jack Miller, Joan Mir, Miguel Oliveira, Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow dan Pol Espargaro pada konferensi pers jelang MotoGP Portugal 2020.
Ada peluang pebalap MotoGP di musim 2021 akan dapat vaksin COVID-19 (Dorna Sports)
Jakarta -

Setelah musim yang berantakan di 2020, Dorna Sports bertekad menggelar MotoGP secara penuh pada musim 2021 ini. Diharapkan kompetisi bisa berjalan sampai November dan para pebalap akan dapat vaksin COVID-19.

MotoGP 2021 masih dibayangi ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga mereda. Meski jadwal balap MotoGP 2021 sudah dirilis versi sementaranya, namun beberapa negara masih belum yakin akan bisa menggelar event tersebut lantaran angka penularan corona yang masih tinggi.

Bos Dorna, Carmelo Ezpelata, berharap MotoGP 2021 bisa digelar sebanyak 18 seri. Di tengah berbagai rintangan, kompetisi juga diharapkan bisa berjalan panjang sampai November.

Untuk bisa mewujudkan target terebut, Ezpelata mengaku membuka berbagai kemungkinan. Termasuk memberikan vaksin COVID-19 buat para pebalap MotoGP dan kru yang bertugas.

"Kami sudah bersiap, kami sudah punya pengalaman menggelar kejuaraan dalam kondisi tak menentu," kata Ezpelata dikutip dari SkyItalia.

MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 10: Luca Marini of Italy and Sky Racing Team VR46  (R) speaks with his brother Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team during the MotoGP Of San Marino - Previews at Misano World Circuit on September 10, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Masker jadi perlengkapan wajib para rider di MotoGP 2020 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Targetnya adalah menggelar setidaknya 18 balapan sampai November. Kami menganalisa berbagai kemungkinan, termasuk memberikan vaksin. Saya berharap bisa menyudahi tahun ini dengan semuanya sudah mendapat vaksin," lanjut dia.

Pada jadwal MotoGP 2021 yang terakhir dirilis, terdapat 19 balapan yang dimulai dari 23 Maret di Qatar dan berakhir 14 November di Valencia. Rangkaian itu termasuk dua balapan yang digelar di Qatar.

Ezpelata juga berharap tahun ini ada lebih banyak balapan MotoGP yang bisa mendatangkan penonton. Sebagai catatan, di 2020 MotoGP Misano dan Prancis diizinkan mendatangkan penonton meski dalam jumlah sangat terbatas.

"Di 2020 kita punya penonton di Misano dan Le Mans. Itu berjalan sukses karena tidak ada yang tertular. Tahun itu sebenarnya kami juga berharap penonton bisa datang di Partimao, tapi ternyata tak memungkinkan," sambung Ezpelata.



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)