Momen Mengerikan Kebakaran Sirkuit MotoGP Argentina Termas de Rio Hondo

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 08 Feb 2021 06:31 WIB
Kebakaran Sirkuit MotoGp Argentina Tarmas de Rio Hondo
Kebakaran hebat di Sirkuit Tarmas Rio Hondo, Argentina (Instagram @zweiradhelden)
Jakarta -

Nyaris seluruh bagian utama dari Sirkuit MotoGP Argentina Termas de Rio Hondo mengalami kerusakan parah. Kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu meluluhlantakkan sirkuit tersebut.

Dalam keterangannya pada wartawan sehari usai kebakaran, Direktur Utama Sirkuit Termas de Rio Hondo, Hector Farina, menyebut kebakaran hebat telah menghancurkan banyak fasilitas utama. Namun dia masih bersyukur karena lintasan tersebut diasuransikan dan tidak ada korban jiwa yang jatuh.

Dalam kesempatan tersebut, pihak sirkuit juga mengonfirmasi kehancuran terjadi pada kompleks garasi, media center, ruang siaran televisi, ruang VIP sampai ruang pengedali balapan. Diklaim kalau beragam fasilitas di area yang disebutkan itu mengalami kerusakan sangat parah.

"Trek balap ini sepenuhnya diasuransikan terhadap kebakaran, jadi tidak ada masalah kerugian ekonomis. Tapi tentunya butuh waktu panjang untuk membangun kembali area-area penting untuk menggelar event nasional dan internasional," kata Hector Farina dikutip dari The Race.

Untuk diketahui, kebakaran di Sirkuit Termas de Rio Hondo terjadi pada pukul 11.00 waktu setempat pada Jumat (5/2). Kebakaran diyakini terjadi pada bagian di mana tengah dilakukan renovasi.

Api kemudian dengan cepat menyambar ke beberapa bagian lain. Alhasil beberapa lokasi yang terletak di tribun utama dengan mudah tersambar kobaran api dan kemudian hangus terbakar.

Di berbagai media sosial beredar video momen kebakaran tersebut. Api besar terlihat membakar beberapa bagian sirkuit.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Sirkuit Termas de Rio Hondo Terbakar, MotoGP Argentina Terancam?

Kebakaran hebat yang melanda Sirkuit Termas de Rio Hondo jadi pukulan besar buat Argentina dan pencinta MotoGP. Di tengah ketidakpastian jadwal MotoGP 2021 karena pandemi virus COVID-19, kebakaran ini jadi berita buruk yang tak diharapkan.

Meski mengalami kerusakan parah di banyak fasilitasnya, pihak sirkuit masih yakin mereka akan bisa menggelar balapan MotoGP 2021. Pihak sirkuit memang masih punya waktu cukup panjang, soalnya MotoGP Argentina dijadwalkan baru digelar pada November.

"Mereka (para petugas kebakaran) sudah melakukan sebaiknya untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih buruk. Mulai sekarang kami akan bekerja melakukan semua yang bisa dilakukan untuk bisa mengikuti jadwal yang sudah direncanakan, termasuk MotoGP pada November," lanjut Hector Farina.



Simak Video "Pertama Kali! Johann Zarco Puncaki Klasemen MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)