Sah! Dimas Ekky Jadi Pebalap Mandalika Racing Team, Turun di Kelas Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 07 Feb 2021 09:49 WIB
Dimas Ekky jadi pebalap Mandalika Racing Team Indonesia
Foto: Screenshot Instagram. Dimas Ekky jadi pebalap Mandalika Racing Team Indonesia.
Jakarta -

Dimas Ekky Pratama disahkan menjadi salah satu pebalap Mandalika Racing Team Indonesia. Keputusan itu diumumkan langsung di akun Instagram resmi @mandalikaracingteam (5/2/2021). Bakal turun di kelas manakah Dimas Ekky?

Dijelaskan Ketua Mandalika Racing Team Indonesia, Rapsel Ali, Dimas Ekky akan turun di kelas FIM CEV Moto2. Padahal sebelumnya pebalap asal Depok itu digadang-gadang turun di kelas Moto2 bersama Mandalika Racing Team Indonesia.

"Rapsel Ali selaku Ketua Mandalika Racing Team Indonesia mengatakan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim bro Dimas dan pak Direktur Mandalika Racing Team Indonesia bro Kemal melakukan tanda tangan kontrak untuk mengikuti balapan FIM CEV Moto2 demi masa depan pembalap Indonesia," tulis pernyataan Mandalika Racing Team Indonesia.

SebelumnyaDimas Ekky diproyeksikan mengisi slot pebalap Pertamina Mandalika SAG Team menggantikan posisi Kasma Daniel. Bahkan hal tersebut sudah diusulkan ke pihak Dorna.

"IRTA (International Road racing Team Association) sudah usulkan pergantian (Kasma Daniel) ke Dimas, jadi nunggu approved by Dorna," kata Rapsel Ali, kepada detikOto, Jumat (4/12/2020).

Namun akhirnya Dimas Ekky tidak jadi membela Mandalika Racing Team Indonesia di kelas Moto2. Mandalika Racing Team Indonesia yang bekerja sama dengan SAG Team memutuskan merekrut Thomas Luthi dan Bo Bendsneyder, untuk memperkuat mereka di Moto2 2021.

[Gambas:Instagram]



Sekilas Mengenai Profil Dimas Ekky

Sebelum mendapatkan mandat sebagai MRTI, Dimas Ekky telah membangun karier balapnya sejak usia dini. Prestasi pertamanya di kancah balap roda dua, yaitu di tahun 2010 dengan meraih peringkat 4 IRS Supersport 600 cc. Tahun berikutnya ia mendapat peringkat 5 dan tahun 2012 ia menjadi runner-up kejuaraan tersebut.

Pada 2013 Dimas Ekky mendapatkan sorotan dunia berkat menjadi juar 1 Suzuka Endurance 4 Hour Championship. Dari tahun 2012-2016 ia aktif balapan di Asia Road Racing Championship.

Dimas Ekky mengecap aspal dan persaingan Moto2 pertama kalinya sebagai pebalap Wild Card di tahun 2017 di seri Malaysia. Di rentang tahun 2015-2018 ia aktif balapan di FIM CEV Moto2 European Championship. Ia meraih podium ke-3 di seri Catalunya tahun 2017 dan seri Albacete tahun 2018.

Penampilan Dimas Ekky sebagai pebalap Wild Card mendapatkan sorotan. Pada tahun 2019 ia menjalankan satu musim penuh sebagai pebalap Moto2 tim Idemitsu Honda Team Asia.

Sayangnya musim tersebut dan berjalan mulus bagi Dimas Ekky lantaran mengalami kecelakaan kala mengikuti sesi latihan bebas pertama Moto2 di sirkuit Assen. Motornya ditabrak pebalap MV Agusta Idea Lavoro Forward, Stefano Manzi, di tikungan kesembilan. Alhasil, Dimas Ekky dan motornya meluncur kencang ke sisi luar sirkuit.

Di musim itu pun posisi Dimas Ekky terdepak dari tim Moto2 Idemitsu Honda Team Asia. Tugasnya digantikan oleh pebalap Indonesia lainnya, Andi Gilang.

Kendati demikian, Dimas Ekky kini akan kembali membela bendera Indonesia di kancah FIM CEV Moto2 bersama Mandalika Racing Team Indonesia musim 2021 nanti.

Semoga sukses Dimas!



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)