Ini yang Baru di Motor MotoGP Honda 2021

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 23 Jan 2021 11:44 WIB
Motor baru Honda di MotoGP
Motor baru Honda di MotoGP Foto: Pool (GPone)
Jakarta -

Bersama Stefan Bradl, Honda melakukan uji coba motor balap MotoGP untuk musim 2021. Uji coba ini dilakukan Bradl di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Motor MotoGP yang diuji oleh Bradl ini akan digunakan oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro di tim pabrikan serta Takaaki Nakagami dan Alex Marquez di tim satelit untuk musim 2021. Tampak ada beberapa hal baru di motor MotoGP yang ditunggangi Bradl.

Dilansir GP One, Honda RC213V ini memiliki swingarm baru serta evolusi sasis terbaru yang dikembangkan oleh Honda. Sesuai regulasi, masing-masing tim berhak menghadirkan rangka dan fairing baru, tapi pengembangan mesin dilarang.

Diberitakan Asphalt and Rubber, rangka motor Honda RC213V yang dites Bradl terlihat lebih kokoh di sekitar dudukan swing arm. Ini menjadi sebuah tanda bahwa Honda sedang mencari kekakuan sasis yang pas untuk memaksimalkan stabilitas motor.

Motor baru Honda di MotoGPMotor baru Honda di MotoGP Foto: Pool (GPone)

Pembaruan motor Honda RC213V bukan hanya sebatas swingarm dan sasis. Honda juga memperlihatkan motor balap musim 2021 mendapatkan knalpot baru yang berbeda dengan versi 2020.

Crash melaporkan, karena pengembangan mesin dilarang, Honda fokus pada upaya pengembangan sasis, elektronik dan perubahan aerodinamika. Ditambah bagian-bagian mesin seperlunya seperti intake dan knalpot.

Sementara itu, dalam pengujian di Jerez, Bradl menyelesaikan beberapa lap dengan motor baru ini. Kemudian dia kembali ke pit, teknisi dan insinyur Honda menunggu komentar Bradl terhadap motor barunya.

Upaya Bradl melakukan uji di Jerez akan membantu mengkompensasi batalnya tes Sepang. Data hasil uji coba Bradl di Jeres menjadi dasar untuk tes resmi MotoGP di Qatar pada awal Maret, ketika rekan setim baru Marquez di Repsol Honda Pol Espargaro akan melakukan debutnya.



Simak Video "Repsol Honda Resmi Luncurkan Motor Barunya untuk MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)