Jorge Lorenzo Naik Unta: MotoGP Kelihatan Motor Kecil

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Jan 2021 08:58 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Jorge Lorenzo of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  looks on in pit during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jorge Lorenzo Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Dubai -

Jorge Lorenzo tengah menghabiskan waktu pensiunnya di Dubai, Uni Emirate Arab. Meski tengah liburan, namun hasratnya tak jauh-jauh dari MotoGP.

Pebalap asal Spanyol itu diketahui tengah mendapatkan pengalaman baru. Tidak dengan sepeda motor, tapi menunggangi seekor unta.

"Setelah pengalaman ini, @motogp terasa seperti motor Mini," kata Jorge Lorenzo seperti dilihat di akun instagramnya, Senin (4/1/2021).

Ya, dalam video singkat itu Jorge Lorenzo tampak mengeluarkan senyum lebar. Ia nampak bahagia bisa menyeimbangkan badan saat unta itu berdiri.

"Jadi ini tungganganmu di 2021," tanya seorang warganet.

"Ya, untuk 5 menit," jawab Lorenzo.

[Gambas:Instagram]



Semenjak memutuskan pensiun dari MotoGP pada 2019 lalu, Jorge Lorenzo memang pernah menyatakan dirinya tak tertarik lagi untuk comeback.

Namun secara mengejutkan ia kembali ke paddock Yamaha sebagai pebalap penguji. Lorenzo sempat mendapat wildcard untuk tampil di MotoGP Catalunya 2020, meski akhirnya urung terlaksana akibat adanya COVID-19.

Jorge Lorenzo didepak dari Yamaha karena performanya sebagai test rider tak memuaskan. Juara MotoGP tiga kali itu diyakini memang tak lagi memiliki semangat membalap.
Selama MotoGP 2020, Lorenzo hanya dua kali bekerja mengetes motor Yamaha YZR-M1, yakni di Sirkuit Sepang (Malaysia) dan Portimao (Portugal). Keterbatasan itu terjadi karena pandemi COVID-19.

Meski demikian, aksi Lorenzo gagal memenuhi ekspektasi Yamaha. Di Sirkuit Portimao contohnya, catatan waktunya lebih lambat sekitar 4 detik dari Aleix Espargaro yang mengendarai motor Aprilia, tim dengan poin konstruktor terendah musim lalu.

Ia pun akhirnya diganti oleh Cal Crutchlow mulai tahun depan. Melihat apa yang terjadi pada Jorge Lorenzo, Bos Ducati Gigi Dall'Igna percaya Lorenzo sudah tak punya gairah membalap seperti dulu.

"Masalahnya, seorang pebalap tak akan bisa dipisahkan dengan isi kepalanya, hasrat yang ia punya, dan juga apa yang ingin ia lakukan," kata Dall'Igna kepada GPOne.

"Saya tak berpikir dia (Lorenzo) mau membalap lagi. Silakan berikan dia motor apapun, tapi hasilnya tetap akan lambat. Itu karena dia sudah kekurangan gairah dan semangat untuk melakukan apapun yang dibutuhkan agar bisa menggeber motornya dengan cepat."



Simak Video "Aspal Sirkuit Mandalika Rampung 100%, Fasilitas Pendukung Kelar Akhir Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)