Suzuki Bakal Punya Tim Satelit, Gandeng Tim Valentino Rossi?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 20 Des 2020 13:08 WIB
Spains rider Alex Rins of the Team SUZUKI ECSTAR leads on Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR and Spains rider Pol Espargaro of the Red Bull KTM Factory Racing in the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)
Suzuki masih belum punya tim satelit. Foto: AP/Alberto Saiz
Jakarta -

Suzuki sukses membawa pebalapnya, Joan Mir, menjadi juara dunia MotoGP 2020. Suzuki mengklaim gelar 2020 tanpa dukungan dari tim satelit. Kapan Suzuki bakal punya tim satelit?

Suzuki Ecstar memastikan ke depan akan mendapatkan dukungan dari tim satelit. Namun waktunya belum bisa dipastikan.

"Semua pabrikan lain di paddock memiliki tim satelit, jadi saya pikir waktu kita akan tiba," kata pemimpin proyek Suzuki Ecstar Shinichi Sahara dikutip Crash.net.

"Sulit untuk mengetahui (manfaat pasti dari tim satelit), karena sejauh ini saya hanya pernah bekerja dengan dua motor di grid," kata Sahara. "Tentu saja, ini adalah sesuatu yang kami cari di masa depan, tetapi ada banyak langkah berbeda yang perlu diambil untuk mencapainya."

"Sejujurnya, kami mendapatkan banyak umpan balik yang berguna dari tim penguji kami yang berpengalaman. Kontribusi dari test rider kami, Sylvain Guintoli, Takuya Tsuda dan Naomichi Uramoto, luar biasa dan penting."

"Tetapi informasi tambahan dari tim satelit akan menjadi lebih penting bagi kami untuk menjaga atau meningkatkan daya saing kami di masa mendatang," katanya.

Ada banyak opsi jika Suzuki ingin menjalin kerja sama untuk membuat tim satelit di MotoGP. Pertama ada Gresini yang baru-baru ini mengonfirmasi akan mengakhiri kerja samanya dengan Aprilia dan kembali ke status independen pada 2022.

Opsi lainnya ada Petronas yang saat ini bermitra dengan Yamaha. Crash.net melansir ada pembicaraan serius antara Suzuki dengan Petronas. Ada kemungkinan Suzuki menjalin kerja sama dengan Sepang untuk membuat tim satelit, mengingat bos Yamaha Lin Jarvis menjelaskan bahwa Valentino Rossi hanya memiliki kontrak satu tahun karena Yamaha dan Sepang belum memiliki kesepakatan untuk tahun 2022.

Tim milik Rossi, VR46 juga bisa jadi pilihan Suzuki untuk tim satelit. Apalagi, Rossi dan manajer tim Suzuki saat ini, Davide Brivio, sempat menjadi partner beberapa tahun lalu.



Simak Video "Pertama Kali! Johann Zarco Puncaki Klasemen MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)