Rossi Tidak Sangka Corona Bikin Kacau MotoGP 2020

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 29 Nov 2020 11:38 WIB
Valentino Rossi
Valentino Rossi tak menyangka COVID-19 bikin kacau MotoGP 2020 Foto: Instagram @valeyellow46
Jakarta -

Valentino Rossi tidak menyangka jika Covid-19 berdampak besar pada MotoGP 2020. Balapan berhasil digelar tapi jadi musim yang pahit bagi rider berusia 41 tahun ini.

Virus Corona berhasil mengubah jadwal MotoGP 2020. Musim ini hanya digelar 14 seri, dan hanya berfokus di wilayah Eropa. Balapan pun berjalan dari bulan Juli sampai November 2020.

Pebalap yang berjuluk The Doctor ini menutup kebersamaan dengan tim pabrikan Yamaha dengan kurang manis. Bukan tanpa sebab, juara dunia sembilan kali di ajang grand prix itu menutup musim di posisi ke-15 klasemen MotoGP 2020.

Terlebih, musim ini menjadi musim yang berat bagi The Doctor setelah tak finis beberapa kali dan absen di balapan karena positif COVID-19.

Rossi mengatakan tak menyangka jika COVID-19 bakal mengubah rencana MotoGP 2020.

"Saat awal musim, saya tidak menyangka situasi Covid akan berdampak besar pada kejuaraan," kata Rossi seperti dikutip Autosport, Minggu (29/11/2020).

Jadwal berlangsung cepat, dengan penggunaan trek sebanyak dua kali ditambah balapan dalam cuaca yang tak tepat. Hal itu juga yang jadi sorotan pebalap berusia 41 tahun.

"Ini benar-benar sulit, karena kami balapan di trek dalam periode musim yang salah."

"Kadang-kadang, seperti di Jerez terlalu panas, di waktu lain seperti di Le Mans terlalu dingin. Tetapi, bagaimanapun, kami memiliki ban yang sama di musim normal. Jadi, sangat sulit untuk mengaturnya," lanjutnya.

"Juga untuk balapan hanya di sejumlah kecil sirkuit dan juga balapan dua kali beruntun di sirkuit yang sama adalah musim yang sulit bagi semua orang."

"Yang pasti kami harus berpikir seperti ini atau tidak sama sekali, jadi lebih baik balapan daripada tidak sama sekali. Tetapi, situasi ini berdampak besar pada kejuaraan," jelas pebalap yang musim depan bergabung dengan Petronas Yamaha SRT.

Menilik pencapaian seorang Valentino Rossi di kejuaraan dunia balap motor grand prix, pada seluruh kelas, posisi finis di musim MotoGP 2020 ini adalah yang paling buruk. Bahkan saat dibandingkan dengan musim debutnya.

Musim lalu, Valentino Rossi kembali finis ketujuh di klasemen akhir MotoGP 2019 lewat 174 poin. Sampai akhirnya musim ini harus rela berada di posisi ke-15 klasemen akhir MotoGP 2020 dengan 66 poin.



Simak Video "Rossi Dipastikan Ikut Balapan di MotoGP Valencia Usai Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)