Kamis, 19 Nov 2020 14:40 WIB

Joan Mir Makin Tajir, Masuk 4 Besar Rider MotoGP dengan Bayaran Tertinggi

Ridwan Arifin - detikOto
Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates his victory on the podium after wining the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz) Jadi juara MotoGP 2020, berapa gaji Joan Mir? Foto: AP/Alberto Saiz
Jakarta -

Performa yang apik serta konsisten berada podium mengantarkan Joan Mir jadi juara MotoGP 2020. Selain prestasi yang gemilang, jumlah uang yang masuk ke rekening Joan Mir juga membengkak, nih.

Dikutip dari Motorsport, Kamis (19/11/2020) Joan Mir kini disebut masuk sebagai salah satu dari daftar 4 pebalap MotoGP termahal usai menyandang status jawara.

Pabrikan Hamamatsu dan Manajernya, Paco Sanchez, tidak mengungkap secara detail berapa angka pastinya. Namun rumornya Joan Mir mendapat gaji pokok sekitar 5 juta Euro per tahun atau sekitar Rp 84 miliaran.

Bayaran Joan Mir bisa lebih besar, karena ada bonus yang diberikan, berdasarkan jumlah pole, podium dan kemenangan. Meski begitu, jumlahnya belum bisa mengalahkan Marc Marquez yang masih menyandang status sebagai rider dengan gaji termahal, yang menembus angka di atas Euro 15 juta per tahun (sekitar Rp 252,1 miliar).

"Lawyer yang bernegosiasi terakhir dengan Suzuki, untuk menandatangani kontrak yang berakhir pada 2022, telah melakukan pekerjaan yang sangat baik, menyesuaikan (nilai kontrak) dengan tujuan," kata Paco.

"Katakanlah, dengan gelar (juara MotoGP) tersebut, Joan menjadi salah satu dari empat pembalap dengan bayaran tertinggi di grid. Suzuki akan menjaganya mulai sekarang," jelasnya.

Dilansir dari Sportek, gaji Joan Mir meningkat dari awal kontraknya di tahun 2019, yang hanya senilai US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21 miliar. Dari data yang ada, pendapatan Joan Mir kala itu tidak sebanding dengan gaji Marc Marquez dan Valentino Rossi yang mengisi pos pertama dan kedua. Joan Mir berada di urutan ke-10 dari daftar gaji pebalap MotoGP.

Kini dengan nilai kontrak yang meningkat, Joan Mir masuk ke dalam empat pebalap MotoGP dengan gaji termahal. Jika diurutkan dengan data tahun lalu, Mir naik berada di bawah Maverick Vinales yang digaji sekitar US$ 8 juta.

Paco yakin Joan Mir bisa mengatur gajinya lebih bijak. "60% dari apa yang dia terima berinvestasi di properti, 20% menyimpannya di bank dan dengan 20% sisanya dia bersenang-senang," kata Paco.



Simak Video "Setelah Sekian Podium, Akhirnya Joan Mir Menang Juga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com