Ini Pebalap MotoGP 2020 yang Sabet Gelar 'Raja Jatuh'

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 20:50 WIB
Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort)
Ini pebalap yang paling sering terjatuh di MotoGP 2020 Foto: AP/Joan Monfort
Jakarta -

MotoGP 2020 usai dihelat, ada beragam catatan menarik. Salah satunya pebalap yang paling sering terjatuh sepanjang musim 2020.

Dalam data yang dirilis Dorna di kelas premier MotoGP 2020, tercatat 180 kali pebalap terjatuh dari motor. Angka itu dihitung dari latihan bebas pertama hingga balapan di akhir pekan.

Pebalap Ducati Reale Avintia, Johann Zarco jadi petahana sebagai rider di kelas MotoGP yang paling sering terjatuh, rider berusia 29 tahun itu tercatat 15 kali jatuh-bangun bersama motor Desmosedici GP 19. Terparah, Johann Zarco menderita patah tulang setelah mengalami kecelakaan mengerikan di MotoGP Austria.

Motor Johann Zarco usai crash di MotoGP AustriaMotor Johann Zarco usai crash di MotoGP Austria Foto: Twitter @luciolopezgp
Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Foto: AP/Joan Monfort

Tak berbeda dari tahun lalu, saat berseragam Red Bull KTM, Johann Zarco juga memuncaki daftar tersebut dengan torehan 17 kali terjatuh dari motor.

Rider kedua yang paling sering terjatuh ialah Alex Marquez sebanyak 14 kali terjatuh. Melengkapi lima besar, Aleix Espargaro (12), Lecuena Iker (11), Brad Binder (10), Pol Espargaro (10), dan Bradly Smith (10). Sementara Valentino Rossi berada di posisi 18 dengan 6 kali mengalami kecelakaan di MotoGP.

Dorna Sports juga melaporkan tingkat kecelakaan musim 2020 yang hanya digelar 15 seri (Moto2-Moto3) dan 14 seri MotoGP turun. Secara total kecelakaan dari ketiga balapan di kelas tersebut menukik dari 971 menjadi 722 kecelakaan.

Bila dibandingkan dengan data pebalap kelas lain, ternyata ada yang masih lebih banyak terjatuh dari Johann Zarco, yakni Kasma Daniel. Pebalap di kelas Moto2 itu terjatuh 20 kali, dan menjadikannya pebalap paling sering terjatuh di ajang balapan Gran Prix 2020.

Sedangkan sirkuit yang paling sering terjadi insiden jatuh ialah Le Mans, Prancis. Jumlahnya meningkat dari 90 menjadi 100 kali tahun ini. Seperti diketahui balapan di Le Mans berlangsung di trek basah karena hujan turun sebelum balapan.



Simak Video "Zarco Jawab Pertanyaan Fans Indonesia, Quartararo Kok Ketawa?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)