Media Asing Sebut Peluang Indonesia Gelar MotoGP di 2021 'Tipis', Ini Faktanya

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 06:46 WIB
MotoGP
MotoGP 2021 jadi mampir ke Indonesia? (MotoGP)

Dari 23 sirkuit yang masuk dalam kalender sementara MotoGP 2021 (20 race utama+ 3 cadangan), cuma dua sirkuit yang masih belum dihomologasi. Yang pertama adalah KymiRing di Finlandia. Yang lainnya adalah Sirkuit Mandalika.

Beda dua sirkuit tersebut: KymiRing sudah selesai dibangun, sementara Mandalika masih dalam proses pengerjaan.

Pihak Sirkuit Mandalika berulang kali menyatakan keyakinan kalau trek akan rampung pada pertengahan 2021 dan akan bisa menjalani homologasi tak lama setelahnya.

Progres pembangunan Sirkuit Mandalika untuk menggelar seri balap MotoGP 2021.Progres pembangunan Sirkuit Mandalika untuk menggelar seri balap MotoGP 2021. Foto: Dok: MGPA

Lalu kalaupun menjadi cadangan, seberapa besar peluang Indonesia menggelar balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika?

Dalam sebuah kesempatan, Bos Dorna Carmelo Ezpeleta secara tersirat menyebut Indonesia sebagai cadangan terakhir dari tiga sirkuit berstatus cadangan. Dia menyebut Partimao sebagai cadangan pertama dan Igora Drive sebagai cadangan kedua.

"Hari ini kami memiliki 20 balapan di kalender dan itu sesuatu yang mungkin (untuk melangsungkan seluruh balapan tersebut). Tapi jika salah satu dari sirkuit itu tidak bisa, kami menyiapkan Igora Drive sebagai cadangan kedua setelah Portimao," kata Ezpeleta dikutip dari Crash.

Soal status Indonesia, Dorna juga menegaskan balapan bisa digelar di Sirkuit Mandalika dengan dua syarat. Yang pertama tentu saja pembangunan sirkuit kelar, yang kedua jika ada balapan lain yang dibatalkan. Pernyataan itu disampaikan. Dorna menjawab surat yang dikirim redaksi detikSport.

Pembalap memberi penghormatan untuk CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta di MotoGP Portugal 2020.Pembalap memberi penghormatan untuk CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta di MotoGP Portugal 2020. Foto: Dorna Sports

The real situation is that Indonesia will only be able to enter the calendar in 2021 if they finish building the circuit and if there is an available date in case another GP is cancelled.

So it's a double "if" situation.

If you have other questions or doubts, do not hesitate to contact us.

Jadi bagaimana sih peluang Indonesia menggelar MotoGP di 2021?

Berkaca pada musim yang 'kacau' di 2020 ini, kans tersebut sejatinya masih terbuka. Sambil berharap ada balapan lain yang batal atau dibatalkan, Mandalika Grand Prix Association harus terus menggeber pembangunan lintasan.

Semoga saja.....

Halaman

(din/lua)