MotoGP Indonesia Berstatus 'Reserve', Penyelenggara Klaim Bisa Atur Waktu Balapan di Mandalika

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 07 Nov 2020 06:09 WIB
Sirkuit Mandalika
MotoGP Indonesia jadi mendapatkan hak Reserve Date di kalender MotoGP 2021. Foto: Dok. ITDC
Jakarta -

Dorna sudah merilis daftar sementara kalender balap MotoGP 2021. Meski Indonesia berstatus reserve, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklaim bisa mengatur waktu pelaksanaan ajang tersebut.

Dalam kalender sementara MotoGP yang baru saja dirilis, Indonesia masuk dalam reserve bersama dua negara lain (Portugal dan Rusia). Total ada 20 seri yang akan digelar mulai Maret sampai November 2021, di mana Dorna menyebut kalau jadwal bisa berubah sewaktu-waktu terkait perkembangan pandemi virus corona.

Meski Indonesia berstatus reserve, MGPA menyambut gembira kehadiran nama Indonesia dalam kalender balap MotoGP 2021 tersebut.

"Pengumuman kalender ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi Tim di tengah pandemi Covid-19" kata Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), penyelenggara Indonesian GP 2021.

"Kami bersyukur apa yang selama ini dinanti- nanti masyarakat di seluruh penjuru Indonesia, akhirnya datang juga yaitu pengumuman penting Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Indonesian GP 2021," timpal Chief Strategic and Communication Officer Happy Harinto.

Lalu apa maksudnya Reserve date sebagaimana dijelaskan Dorna dalam keterangan resminya?

MGPA mengklaim kalau reserve date merupakan perlakuan khusus yang yang diberikan Dorna pada calon tuan ruah baru MotoGP.

"Reserve date memang tidak umum, hanya Negara tertentu yang bisa mendapat perlakukan khusus ini. Situasi dunia akibat pandemic Covid-19 masih belum bisa diprediksi 6 bulan kedepan. Dengan adanya reserve date, Indonesia akan memiliki waktu yang fleksibel untuk melihat apakah tanggal tersebut nantinya akan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada," demikian pernyataan rilis dari MGPA yang diterima detikOto.

CEO Mandalika Grand Prix Association(MGPA) Ricky Baheramsja juga menyambut baik kabar ini. "Pengumuman kalender ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi Tim di tengah pandemi Covid-19," timpal Ricky dalam keterangan yang sama.

Terkait status Indonesia sebagai 'reserve', CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata, menyebut peluang menggelar balapan akan tergantung pada perkembangan di lapangan nantinya:

"Kami punya dua seri cadangan di Eropa, Portimao dan Russia, dan Mandalika di Indonesia. Semua tergantung jarak yang ada dan kami akan memutuskan apakah perlu atau tidak memasukkan seri Grand Prix tersebut dalam kalender," ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.



Simak Video "Dorna Bakal Uji Coba Sirkuit Mandalika Pada Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)