Jadwal Sementara MotoGP 2021: MotoGP Indonesia Berstatus Cadangan

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 19:13 WIB
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 04: The MotoGP riders start from grid during the MotoGP race during the MotoGp of Czech Republic - Race at Brno Circuit on August 04, 2019 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Dorna merilis kalender balap MotoGP 2021 (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Dorna Sports akhirnya merilis jadwal MotoGP untuk musim 2021, dengan total ada 20 seri disiapkan. Tak masuk dalam 20 seri yang akan digelar, MotoGP Indonesia berstatus 'reserve' atau cadangan.

Dikutip dari Autosport, kalender balap MotoGP 2021 terdiri dari 20 balapan, yang akan dimulai pada Maret dan berakhir pada November.

Nyaris tak ada perubahan besar dalam jadwal tersebut jika dibanding jadwal MotoGP 2020 (sebelum akhirnya dikacaukan virus corona) dan MotoGP 2019. Seri pembuka akan dilangsungkan di Qatar pada 28 Maret dan penutup dihelat di Valencia pada 14 November.

Dari 20 balapan yang dijadwalkan digelar pada MotoGP 2021, nama MotoGP Indonesia tak masuk dalam daftar. MotoGP Indonesia yang akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, berstatus 'Reserve venues' bersama Portugal (Algarve International Circuits) dan Rusia (Igora Driver Circuit).

Dorna menegaskan kalau kalender ini masih bersifat sementara dan sangat mungkin berubah terkait perkembangan pandemi virus corona. Termasuk juga seri ke-11 yang statusnya masih TBC (to be confirmes). Seri ke-11 ini rencananya akan dilangsungkan di Republik Ceko, namun dalam kalender sementara ini tanggal perhelatannya pun belum disebutkan.

Dikutip dari Autosport, jika MotoGP Republik Ceko tidak digelar, maka tiga negara yang berstatus 'reserve' bisa jadi pengganti.

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, menjelaskan kalau MotoGP Republik Ceko statusnya belum jelas lantaran kondisi aspal mereka perlu diperbaiki, menyusul protes yang bermunculan di tahun ini. Sampai saat ini pemerintah setempat sebagai pengelola sirkuit belum memberikan jawaban atas kebutuhan pengaspalan ulang sirkuit.

Ada satu pendatang baru pada kalender MotoGP 2021. Negara yang akan jadi tuan rumah baru tersebut adalah Finlandia, yang akan menggelar race di Sirkuit KymiRing. MotoGP Finlandia sedianya melakukan debut sebagai tuan rumah motoGP pada musim 2020 ini.

Kalender Sementara MotoGP 2021

28 March - Qatar
11 April - Argentina
18 April - America
2 May - Spain
16 May - France
30 May - Italy
6 June - Catalunya
20 June - Germany
27 June - Netherlands
11 July - Finland**
TBD - TBC
15 August - Austria
29 August - Britain
12 September - Aragon
19 September - Misano
3 October - Japan
10 October - Thailand
24 October - Australia
31 October - Malaysia
14 November - Valencia

Reserve venues:

Portugal - Algarve International Circuits
Indonesia - Mandalika International Street Circuit**
Russia - Igora Driver Circuit



Simak Video "Mandalika Masuk Sebagai Cadangan di Kalender MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)