Gimana Gelar Juara Dunia ke-10 Rossi?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 23 Nov 2020 12:43 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy steers his motorcycle during a free practice session for the Portuguese Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Algarve International circuit near Portimao, Portugal, Saturday, Nov. 21, 2020. The Portuguese Grand Prix will be held Sunday. (AP Photo/Armando Franca
Valentino Rossi Foto: AP/Armando Franca
Jakarta -

Valentino Rossi belum berhasil meraih gelar juara dunianya yang kesepuluh pada tahun ini. Tahun depan, ia akan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha SRT, apakah The Doctor masih mengincarnya?

Rossi, yang akan berusia 42 tahun pada 2021 mendatang, sampai saat ini sudah sembilan kali menjadi juara dunia di balap motor grand prix. Pebalap Italia itu sekali juara di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas 500cc/MotoGP.

Namun, Rossi belum jadi juara dunia lagi sejak 2009. Pencapaian terbaiknya adalah menjadi runner-up dalam tiga tahun terakhir, di mana dia dikalahkan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

KUALA LUMPUR, MALAYSIA - OCTOBER 25:  Fiat Yamaha Team rider Valentino Rossi of Italy steers his bike through the rain to winning his ninth MotoGP World Championship with the third place in the Malaysian MotoGP, which is round 16 of the MotoGP World Championship at the Sepang Circuit on October 25, 2009 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Victor Fraile/Getty Images)Valentino Rossi tahun 2009 memenangkan title ke-9 Foto: Victor Fraile

Dikutip dari GPone, Senin (23/11) Rossi akan kembali berusaha mendapatkan gelar juara dunianya yang kesepuluh pada musim depan. Namun pesaingnya makin banyak, ditambah masih berumur muda. Bukan cuma Marquez dan Joan Mir, tapi juga Franco Morbidelli, rekan setimnya yang baru di Petronas Yamaha SRT.



"Itu akan selalu jadi tujuan utama (meraih gelar ke-10), tapi akan lebih OK juga apabila saya bisa meraih kemenangan dan mencapai poedium sebagai protagonis saat hari Minggu (balapan)," ungkap Rossi seperti dikutip dari GPone, Senin (23/11).

Pebalap berpaspor Italia ini juga belum menentukan masa depannya jika sudah menghabiskan satu musim bersama Petronas SRT. Meski memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT, Rossi dikabarkan tetap akan mendapat spek motor pabrikan.

Rossi, sehebat apa pun dia dulu, tak bisa menyangkal kalau usia telah membuat performanya terus menurun. Tahun lalu pada MotoGP 2019, dia hanya dua kali naik podium.

Pun begitu di musim ini. Dari 13 balapan yang digelar, Rossi gagal mencapai garis finis dalam lima balapan, di mana dua di antaranya dia bisa ikut serta lantaran terpapar virus corona. Ia pun mengakui hal tersebut. Soal masa depan kariernya di MotoGP setelah musim depan, Rossi belum memutuskan.

"Saya akan memutuskannya selama musim panas mendatang."

"Saya belum memutuskan untuk berhenti, yang jelas itu akan sangat bergantung pada hasil yang saya raih. Saya berharap tahun depan akan berlangsung dengan normal, dengan jadwal yang tepat, dan ada jeda sedikit, dan saya pikir pada momen itu akan ada keputusan," jelas Rossi.



Simak Video "Rossi Dipastikan Ikut Balapan di MotoGP Valencia Usai Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)