RX King 'Harga Gelap' Dijual Ratusan Juta, Yamaha: di Luar Nalar

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 15 Nov 2020 11:02 WIB
Yamaha RX-King Rp 50 juta
Ilustrasi Yamaha RX-King yang dijual puluhan juta rupiah Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta -

Yamaha RX-King kini menjelma jadi barang langka dengan harga jual yang tak masuk akal. Betapa tidak, motor sport 2-tak ini bahkan harganya bisa tembus mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Yamaha RX-King diketahui jadi buruan para kolektor. Milik komedian Ade Jigo misalnya, salah satu motor RX King miliknya ditawar seseorang yang dikenal sebagau Sultan Karawang, bukan dengan uang cas melainkan ditukar dengan Mercedes-Benz.

Lalu RX-King milik Arif --penjual RX King dari Jakarta Utara-- yang terjual di harga Rp 150 juta. Motor itu berstatus sebagai barang NOS alias New Old Stock. Jadi bukan RX-King yang sebelumnya sudah dipakai dan kemudian direstorasi supaya tampak baru.

Adapun pembelinya merupakan seseorang dari pulau seberang, yakni Sumatera. Arif juga menyertakan foto sebuah kwitansi dalam postingan itu. Terlihat nama dari sang pembeli adalah Sabar Napitupulu.

Tentu ada banyak pertimbangan bila harganya menyentuh angka yang fantastis. Selain nostalgia, ditimang dari keaslian suku cadang, kondisi keseluruhan, surat-surat kelengkapan, dan ketaatan membayar pajak.

Yamaha RX-KingYamaha RX-King Foto: Ridwan Arifin

Lalu bagaimana Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menanggapi fenomena ini?

"Kalau itu (harga RX King dijual ratusan juta rupiah) memang di luar nalar ya, dan itu pasar yang menentukan," kata Manager of Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro di Sentul, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

"Ya kalau suka angkut, tidak suka ya sudah. Ya namanya barang sudah langka dan harga ditentukan pasar," sambung Anton.

Di sisi lain saking masih banyaknya permintaan suku cadang, Yamaha terus memproduksi suku cadangnya -- meski tidak dirinci bagian mana saja yang masih diproduksi. Seperti diketahui Yamaha RX-King disuntik mati di Indonesia pada 2009, sedangkan menurut siklus, pabrik masih terus memproduksi suku cadang hingga 10 tahun ke depan.

"Kami lihat terus demand seperti apa. Tapi saya tidak hapal apa saja komponen yang tersedia," ungkap dia.



Simak Video "Serem! RX King Nuansa Leak Bali Mejeng di IIMS 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)