Indonesia Bakal Punya Sekolah Balap MotoGP

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 10 Nov 2020 12:02 WIB
Setelah sempat diundur, Mandalika Racing Team Indonesia hari ini akhirnya resmi diluncurkan pada Senin (9/11/2020) di Moto Village Kemang, Jakarta Selatan.
Mandalika Racing Team Indonesia bakal bikin sekolah balap juga. Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) memang baru lahir dan baru akan mengecap aspal balapan MotoGP kelas Moto2 musim depan. Akan tetapi, tim ini memiliki ambisi besar dalam memajukan olahraga roda dua agar berkiprah di kancah dunia.

Selain membentuk tim balap, MRTI juga akan membuat sekolah balap yang disebut dengan Mandalika Racing Academy. Wadah ini tidak hanya bertujuan untuk mengasah kemampuan balap, tapi juga kemampuan mekanik balap yang berstandar internasional.

"Mempersiapkan para rider Indonesia melalui program yang berkesinambungan secara berjenjang untuk menuju MotoGP melalui program Mandalika Racing Academy. Selain itu kita juga siap mendidik engineer dan mekanik Indonesia sehingga pada akhirnya bisa juga mendunia," kata Ketua MRTI, Rapsel Ali dalam sesi peluncuran tim di Moto Village Kemang, Jakarta Selatan, Senin (9/11/2020) malam.

"Jadi bukan sekadar ambil bagian di MotoGP semata, ini untuk perubahan ke depan. Ini akan menjadi tonggak bersejarah dan jadi legacy untuk generasi selanjutnya ketika kami sudah tidak ada," terang Direktur Teknis MRTI, Kemalsyah Nasution di kesempatan yang sama.

Untuk pebalap, Mandalika Racing Academy akan membantu pebalap tingkat nasional menembus tingkat internasional. "Sudah ada pembinaan prestasi level nasional, kami serahkan kepada IMI (Ikatan Motor Indonesia). Setelah dari PON (Pekan Olahraga Nasional) mereka mau ke mana? Ini yang kita bantu ke jenjang berikutnya," papar Kemal.

Namun saat ini belum banyak informasi detil terkait akademi tersebut. Rapsel mengatakan saat ini tim akan fokus dulu untuk musim depan yang akan segera dimulai.

"Sekarang kita fokus di 2021 dulu, setelah semua berjalan baik kita membentuk Mandalika Racing Academy," tukasnya.



Simak Video "Raih Pole Position di MotoGp Andalusia, Quartararo 'Asapi' Bintang Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)