Fakta Pebalap MotoGP: 1.000 Kali Oper Gigi Tiap Race

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 24 Okt 2020 08:53 WIB
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 16:    Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the free practice for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 16, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Pebalap MotoGP Maverick Vinales. (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider MotoGP memiliki beberapa fakta menarik dari segi teknis. Dalam setiap race misalnya, mereka ternyata harus melakukan shifting (oper gigi) tak kurang dari 1.000 kali. Selain itu, rata-rata dari mereka juga mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam setiap 70 detik.

Para pebalap MotoGP tak hanya dituntut memiliki kondisi fisik prima saat menjalani kompetisi. Mereka juga harus punya tingkat konsentrasi tinggi saat mengendarai motor prototipe, dengan rata-rata top speed lebih dari 350 km/jam itu.

Akun Instagram @motogp, mengunggah video singkat yang mengulas seberapa banyak pergerakan anggota tubuh para rider MotoGP saat melakukan balapan.

Pertama, pebalap MotoGP hanya sekali menggunakan tangan kiri untuk menekan dan melepas tuas kopling saat start balapan. Hal itu bisa dilakukan karena motor MotoGP menggunakan teknologi Quickshifter, yang meminimalisasi penggunaan tuas kopling untuk memindahkan transmisi.

Jika tangan kiri rider MotoGP tidak bekerja terlalu banyak, berbeda dengan tangan kanannya. Tangan kanan mereka dipastikan selalu stand by di tuas gas. Sebab sepanjang balapan mereka akan sering gaspol, dengan rata-rata bukaan gas lebih dari 75%.

Rata-rata rider MotoGP juga mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam setiap 70 detik dan melakukan pengereman lebih dari 25 km dalam setiap race.

Sementara kaki kiri rider digunakan untuk melakukan up shift dan down shift sebanyak 1.000 kali pada setiap race-nya. Terakhir, pebalap MotoGP harus memiringkan tubuhnya total selama 5 menit di setiap balapnya, dengan kemiringan lebih dari 55 derajat.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Menpora Optimis MotoGP Mandalika 2021 Tetap Terlaksana"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)