Ssst.. Dovizioso Dapat Tawaran Tetap Balapan Tahun Depan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Okt 2020 13:59 WIB
Ducatis Italian rider Andrea Dovizioso rides during the third MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on October 17, 2020. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)
Andrea Dovizioso, kemana akan berlabuh di MotoGP 2021? Foto: AFP/JOSE JORDAN
Jakarta -

Andrea Dovizioso tak lagi membela Ducati musim depan. Rider berusia 34 tahun itu cerai dari pabrikan Italia tersebut lantaran negosiasi perpanjangan kontrak tak menemui titik temu. Tahun depan masih tetap balapan Dovi?

Ducati menjadi tim pabrikan yang sudah mengantongi nama pebalapnya untuk musim depan. Tim yang berbasis di Borgo Panigale itu akan menduetkan Bagnaia dengan Jack Miller.

Sedangkan Johann Zarco yang pada awalnya menjadi rival Bagnaia untuk promosi ke Ducati, akan hijrah ke Pramac. Dia dipasangkan dengan peraih gelar juara dunia Moto2 Jorge Martin di musim depan.

Sedangkan Dovizioso, usai cerai dari Ducati, belum memiliki Rencana B, namun ia masih menimbang, memilih tim mana yang akan dia bela pada musim 2021.

"Saya ingin terus balapan dan balapan, menjadi aktif. Saya punya beberapa tawaran untuk melanjutkan MotoGP pada 2021, kami harus membuat keputusan," ujar Dovizioso seperti dicuplik Motosan.es, Jumat (23/10/2020).

ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 16:  Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team  speaks  in box during the free practice for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 16, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Andrea Dovizioso mau ke mana di MotoGP 2021? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Belum diketahui tim mana yang bakal menjadi pelabuhan Dovizioso terkait MotoGP 2021. Tapi jika ia mencari tim pabrikan, peluang paling memungkinkan adalah gabung Aprilia.

Sebab saat ini satu posisi pebalap tim Aprilia sedang lowong menyusul kasus doping Andrea Iannone. Saat ini Bradley Smith menjadi rekan sementara Aleix Espargaro menggantikan Iannone.

CEO Tim Aprila, Rivola juga sudah membenarkan para petinggi perusahaan tertarik untuk merekrut Dovizioso. "Punya Dovizoso di bursa transfer tapi tidak mencoba untuk bekerjasama adalah hal bodoh," ujar Rivola.

Selain itu, rider 34 tahun itu kini dikaitkan menjadi calon pebalap penguji di Yamaha atau Suzuki.

Simone Battistella, manajer Dovizioso, mengatakan jika kliennya tidak menutup kemungkinan melanjutkan kariernya sebagai pebalap penguji. Namun, dia menegaskan jika Dovi tidak akan bergabung sebagai test rider di Honda.

"Pabrikan mana yang saat ini buka? Meski begitu, Honda saat ini bukan pilihan nyata," kata Battistella kepada Speedweek soal peluang Andrea Dovizioso melanjutkan karier sebagai pebalap penguji.



Simak Video "Jawaban Emosional Dovizioso Tentang Ducati dan Masa Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)