Masa Depan Belum Jelas, Dovizioso Dirayu Jadi Test Rider Suzuki

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 04 Okt 2020 10:03 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team heads down a straight during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso dikaitkan jadi pebalap penguji Suzuki di MotoGP Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Andrea Dovizioso tidak memperpanjang kontrak bersama Ducati di musim MotoGP 2021. Rider 34 tahun itu dikaitkan jadi calon pebalap penguji di Suzuki.

Mengutip Corsedimoto, Sabtu (3/10/2020) Manajer Suzuki Ecstar, Davide Brivio sudah berdiskusi dengan pebalap yang membela Ducati selama tujuh tahun itu di MotoGP. Brivio mengatakan satu-satunya tempat bagi Dovizioso untuk tim Suzuki saat ini ialah sebagai test rider bersama Sylvian Guintoli.

"Kami sebenarnya tak punya banyak ruang (pebalap utama di MotoGP). Kami sudah bicara dengan Dovi, satu-satunya kesempatan yang bisa kami tawarkan padanya hari ini adalah jabatan test rider," tutur Davide Brivio.

Suzuki sampai sekarang masih menggunakan jasa Sylvain Guintoli sebagai test driver mereka. Pabrikan asal Jepang itu diklaim bisa mendapat keuntungan lebih dengan menarik Dovizioso menjadi pebalap penguji, mengingat Dovi memiliki banyak pengetahuan teknis terkait motor yang dapat bersaing di papan atas.

"Tapi kami sudah punya Sylvain dan kami puas atas kinerjanya," ujar Davide Brivio.

Dovizioso dan Ducati bakal berpisah jalan setelah tujuh tahun menjalin kerja sama di balapan MotoGP. Pria asal Italia itu tak mau memperpanjang kontraknya yang berakhir pada akhir musim ini.

Runner-up MotoGP selama tiga musim terakhir itu belum memutuskan soal masa depannya sepeninggalnya dari Ducati.

Simone Battistella, manajer Dovizioso, mengatakan jika kliennya tidak menutup kemungkinan melanjutkan kariernya sebagai pebalap penguji. Namun, dia menegaskan jika Dovi tidak akan bergabung sebagai test rider di Honda.

"Pabrikan mana yang saat ini buka? Meski begitu, Honda saat ini bukan pilihan nyata," kata Battistella kepada Speedweek soal peluang Andrea Dovizioso melanjutkan karier sebagai pebalap penguji.



Simak Video "Bikin Pebalap Puas! Sirkuit Mandalika Dibilang Mirip Jerez dan Assen"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)