Rabu, 30 Sep 2020 13:48 WIB

Tim Balap Rossi Jadi Satelit Suzuki di MotoGP?

Ridwan Arifin - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 18: Luca Marini of Italy and Sky Racing Team VR46  heads down a straight during the MotoGP of Spain - Qualifying at Circuito de Jerez on July 18, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Tim balap Rossi bakal gabung Suzuki di MotoGP 2020? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Rossi dikabarkan akan membangun tim sendiri di MotoGP 2022. Muncul rumor terkait pabrikan mana yang akan menyokong motor timnya andai masuk ke MotoGP. Yamaha tentu dikaitkan dengan hal ini, tapi Suzuki yang dimanajeri teman Rossi, Davide Brivio, juga difavoritkan.

Davide Brivio pernah menjalin kedekatan di masa era keemasan Valentino Rossi. The Doctor bergabung di Yamaha pada tahun 2004, dan langsung menjadi juara di musim pertamanya.

Bukan tanpa alasan Rossi cuma dikontrak setahun oleh Petronas Yamaha. Hal itu dikarenakan ia berencana memiliki tim sendiri di MotoGP 2022. Secara implisit, Brivio mengatakan dia perlu berhati-hati tentang skenario ini.

Manajer tim Suzuki itu mengonfirmasi bahwa dia menginginkan tim tambahan mulai tahun 2022, tetapi itu tidak hanya bergantung pada Rossi.

"Pertama-tama, kami perlu membuat proyek tim satelit dan disetujui oleh Jepang. Kemudian kami akan melihat sekeliling dan bernegosiasi dengan tim yang ada, dengan siapa yang akan berada di pasar," kata Davide Brivio.

Tim milik Rossi, Sky Racing Team VR46, sudah tampil di Moto2 dan Moto3. Ini menjadi opsi menarik bagi Suzuki, sebab hanya Aprilia dan Suzuki yang saat ini tidak memiliki tim satelit.

Dengan adanya reorganisasi MotoGP 2022, hal itu membuka kesempatan buat tim baru masuk ke Suzuki, termasuk Sky Racing Team VR46. Apakah ke depan akan menjalin kerja sama dengan Valentino Rossi?

"Saya tidak tahu apa yang ingin dia lakukan, tetapi di Moto3 dan Moto2 mereka melakukan pekerjaan yang hebat, dengan banyak kemenangan, dua Kejuaraan Dunia sudah dimenangkan dan kemungkinan lainnya tahun ini. Saya percaya bahwa di VR46 mereka telah memperoleh pengalaman yang sangat berguna dan bahwa mereka memiliki pengalaman dan struktur untuk melakukannya," jawab Davide Brivio.

Lagi pula Manajer Suzuki Davide Brivio tidak pernah melupakan kebersamaannya bersama Valentino Rossi saat dirinya berseragam Yamaha.

"Saya akan selalu berterima kasih kepadanya atas kesuksesan yang telah kami raih bersama," ujarnya.

"Dia membuat saya mengerti apa artinya mengincar sesuatu yang penting, yang sangat berbeda dengan berusaha untuk melakukan yang terbaik. Ini yang saya coba bagikan dengan mereka yang bekerja dengan saya," tutupnya.



Simak Video "Insiden Rossi di MotoGP 2020: Motor Mogok hingga Low Side"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com