Rabu, 23 Sep 2020 08:41 WIB

Podium Lagi, Joan Mir: Perebutan Juara MotoGP 2020 Dimulai Sekarang

Rizki Pratama - detikOto
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 20:  Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR (R) speaks with mechanics in box during the MotoGP Tests In Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 20, 2018 in Valencia, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Joan Mir jadi kandidat kuat juara MotoGP 2020. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Nama Suzuki kembali masuk dalam kandidat juara MotoGP di musim ini berkat performa konsisten Joan Mir. Dalam dua balapan di sirkuit Misano ia berhasil naik podium dan kini berada di peringkat ke-4 klasemen sementara MotoGP 2020 dengan membukukan 80 poin, terpaut 4 poin saja dari sang pemuncak Andrea Dovizioso.

Penampilan Mir sangat memukau di empat balapan terakhir. Ia berhasil mengakumulasikan 69 poin dalam 4 balapan tersebut, 3 di antaranya berakhir dengan dirinya naik podium.

Performa apik dimulai kala MotoGP Austria. Di Styria bahkan ia memiliki kans naik podium juga sebelum penyelenggara mengibarkan bendera merah. Di MotoGP San Marino Mir mencuri podium ke-3 dari Valetino rossi di putaran terakhir. Sementara itu pekan lalu di MotoGP Emilia Romagna ia finis kedua setelah Maverick Vinales.

Mir mengaku tidak menyangka ia akan bisa sejauh ini. Menurutnya performa di Austria merupakan titik balik atas pencapaiannya ini.

"Setelah Austria, di mana saya sangat kompetitif di sana, saya naik podium. Itu seperti kepercayaan diri tambahan yang kamu dapatkan setelah podium pertamamu. Jadi, jika saya bisa mendapatkan satu podium mengapa saya tak bisa mengulanginya? Itulah yang kami lakukan, memang sulit menjaga konsistensi ini, tapi itu adalah target kami untuk semua balapan," kata pebalap Suzuki berkebangsaan Spanyol itu.

Mengenyam hasil positif, Mir mengapresiasi kinerja tim Suzuki yang telah menyiapkan kuda besi untuknya. Ia memuji motor Suzuki sangat seimbang hingga membuatnya menjadi lebih semangat untuk naik podium sebanyak mungkin.

"Kami sangat konstan, impresi saya Suzuki adalah motor yang sangat seimbang dan bekerja dengan baik di semua aspek. Khususnya di dua lintasan terakhir saya merasa motor lebih baik ditambah dengan motivasi saya untuk menaiki podium lagi di kepala saya. Inilah yang membuat saya terus berjuang untuk podium di setiap balapan," jelasnya.

Meski begitu, Mir tak mau jumawa karena motor Suzuki baru tampil ganas di dua lintasan. Ia tak sabar melihat bagaimana performanya nanti di Barcelona menukangi motor pabrikan berlogo S asal Jepang tersebut.

"Mari terus lanjutkan seperti ini. Memang benar di empat balapan terakhir kami dapat 3 podium, tapi itu hanya di dua lintasan. Mari lihat di Barcelona apakah kami bisa naik podium lagi atau bahkan berjuang menjadi yang tercepat.

Terus berambisi untuk naik podium hingga musim ini berakhir tentu tak salah jika ia secara tidak langsung menargetkan dirinya menjadi juara MotoGP 2020.

"Saya merasa berjuang untuk menjadi juara. Sejujurnya saya tidak mau melihat itu karena masih banyak poin yang diperebutkan. Tapi memang benar kita sudah setengah jalan menuju ke sana dan musim ini dimulai sekarang karena empat rider teratas poinnya hampir sama," aku Mir.

"Jadi sepertinya perebutan juara dimulai dari sekarang. Mari lihat apakah kami bisa menjaga konsistensi ini hingga balapan terakhir," pungkasnya.



Simak Video "Bisakah Joan Mir Juarai MotoGP Tanpa Menangi Balapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com