Senin, 21 Sep 2020 12:27 WIB

Apesnya Bagnaia, Motor Kepleset Gegara Tear Off Helm yang Dikelupas?

Ridwan Arifin - detikOto
Francesco Bagnaia Fransesco Bagnaia mengalami crash saat memimpin balapan di MotoGP Emilia Romagna Foto: MotoGP
Misano -

Pecco Bagnaia, pebalap Ducati Pramac harus menelan pil pahit. Ia terjatuh saat memimpin balapan di MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/9).

Rider berusia 23 tahun itu tampil meyakinkan sedari awal balapan. Start dari posisi lima, secara perlahan ia menempel Maverick Vinales yang memimpin grid terdepan.

Maverick Vinales yang start dari posisi satu langsung ngacir berusaha mengunci podium. Namun usaha Vinales hanya bertahan selama 5 lap, sebelum akhirnya disalip Pecco Bagnaia saat balapan menyisakan 22 lap lagi.

Memasuki lap ke-21, pebalap berdarah Italia ini sudah membuat jarak sekitar 1,3 detik dari Vinales. Tampil meyakinkan, seri MotoGP Emilia Romagna jadi kesempatan baginya untuk mengunci kemenangan perdana di MotoGP.

Sayang dewi fortuna tidak memihak padanya, Pecco Bagnaia mengalami crash di tikungan 6. Ia pun tidak bisa melanjutkan balapan. Pecco dibonceng marshal untuk kembali ke paddock.

Dikutip Autosport, Senin (21/9) Pecco Bagnaia merasakan hal yang ganjal pada crash kali ini. Ia menyebut motornya tidak masalah, pun gaya balapnya cenderung stabil.

"Hal pertama setelah mengalami crash, aku segera ke paddock ingin tahu apa yang terjadi dengan motorku, karena ini benar-benar crash yang aneh."

"Aku benar-benar menguasai balapan, menjaga jarak dengan Maverick. Aku mengontrol kecepatan dan dia jelas terus menekan saya, tapi saya pintar mengatur jarak dengannya."

"Crash-nya tidak biasa, ketika aku melihat data, kecepatan, kemiringan, gas, dan lintasannya juga sama. Sepertinya aku mengenai sesuatu seperti tear off (lapisan plastik di kaca helm-Red) atau benda kotor di lintasan," jelas Pecco Bagnaia.

Tear off merupakan lapisan plastik yang melindungi visor helm. Pebalap MotoGP biasanya kerap mengelupas tear off ketika berada di sirkuit.

Sebelumnya Jack Miller juga mengalami hal yang sama ketika race. Rider Ducati Pramac ini harus memarkirkan Desmosedici-nya lebih dulu, karena motornya kehilangan tenaga karena tersumbatnya asupan udara. Bahkan ia menyebut hal ini gara-gara lapisan tear off yang dibuang sembarangan, dan itu adalah milik Fabio Quartararo.

"Fabio, Aku menemukan sesuatu milikmu," tulis Miller.



Simak Video "Vinales Bicara Juara MotoGP Emilia Romagna Usai Bagnaia Crash"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com