Kamis, 17 Sep 2020 11:40 WIB

Jajal Motor Pakai Part Baru, Quartararo: Enggak Ada Peningkatan!

Ridwan Arifin - detikOto
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 12: Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT   rounds the bend during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 12, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Quartararo bergabung dengan pebalap pabrikan Yamaha; Maverick Vinales dan Valentino Rossi untuk menjajal suku cadang baru di Sirkuit Misano. Meski sudah menggunakan komponen baru, seperti sasis, elektronik dan knalpot, pebalap asal Prancis ini tidak merasakan ada perubahan performa mesin Yamaha YZR-M1.

Mengutip Crash, Kamis (17/9), Quartararo menyebut sesi test ini punya hasil positif. Ia merasa senang lantaran bisa melahap 23 lap menggunakan ban medium.

"Ini adalah tes yang sangat positif karena kami memiliki kesempatan untuk mencoba banyak suku cadang dan perangkat baru," kata Quartararo.

"Saya senang, sebenarnya ini bukan lap tercepat saya, tapi saya melakukannya dengan ban medium yang telah menempuh 23 lap. Saya merasa hebat dan kami masih memiliki beberapa hal untuk dicoba untuk balapan akhir pekan," ujar pebalap berusia 21 tahun itu.

Quartararo berada di urutan kesembilan pada catatan waktu tercepat keseluruhan. Dia terpaut 0,8 detik di belakang Maverick Vinales.

Vinales menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu terbaik satu menit 31,532 detik. Pebalap 25 tahun itu berada di depan Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Johann Zarco

Quartararo, yang pada akhir pekan lalu harus rela disalip oleh Dovizioso di puncak klasemen, juga menegaskan Yamaha YZR-M1 tidak mengalami kemajuan, terutama dalam performa mesin.

Para insinyur Yamaha terus mencari jalan keluar pada mesin yang diisukan mengalami penurunan performa. Hal ini disebut lantaran Yamaha bermasalah di katup mesin.

Yamaha kabarnya sengaja menurunkan putaran maksimal mesin agar usianya bisa tahan lebih lama dan tidak jebol sebagaimana sudah dialami Rossi, Vinales, dan Morbidelli.

"Sayangnya tidak ada!" tutur Quartararo menjawab untuk peningkatan performa mesin.

"Kami berjuang dengan mesin dan sebagian perubahan sasis dan elektronik mencoba untuk mengatasi sedikit masalah yang kami miliki. Tapi tidak ada yang benar-benar membaik di [area] yang kami inginkan."

"Kami melakukan yang terbaik, mencoba untuk mengatur dan jujur - tentu saja, saya tidak mengendarai motor begitu nyaman seperti di Jerez," jelas Quartararo.



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com