MotoGP Ceko, Ban Baru Michelin Dianggap Cocok untuk Sirkuit Brno

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 04 Agu 2020 19:39 WIB
Repsol Honda teams Spanish driver Marc Marquez rides his Honda during the warm-up of the Moto GP Grand Prix of the Czech Republic in Brno on August 6, 2017. / AFP PHOTO / Michal Cizek        (Photo credit should read MICHAL CIZEK/AFP/Getty Images)
Ilustrasi MotoGP Ceko. Foto: AFP PHOTO / Michal Cizek
Jakarta -

Setelah rehat sepekan, MotoGP akan kembali digelar akhir pekan ini. Usai melakoni dua race di sirkuit Jerez, Spanyol, MotoGP akhir pekan ini akan digelar di sirkuit Brno di Ceko.

Sirkuit Brno memiliki panjang 5,403 km dengan 14 tikungan yang terdiri dari 8 tikungan ke kanan dan 6 tikungan kiri. Sirkuit Brno ini dianggap cocok bagi ban Michelin yang baru dikembangkan.

Mengutip GP One, Michelin akan menyediakan ban yang baru dikembangkan untuk balapan MotoGP Ceko. Sirkuit dengan desain menanjak dan menurun, serta mengharuskan pebalap mengerem keras dan berakselerasi cepat itu menjadi lokasi yang tepat untuk pembuktian ban Michelin yang baru tersebut.

Sesuai regulasi, ada tiga opsi ban yang tersedia, yakni kompon lunak, sedang dan keras. Ban Michelin yang dipakai di balapan MotoGP Ceko akan memiliki konstruksi simetris untuk ban depan dan asimetris untuk ban belakang dengan sisi kanan lebih keras.

Jika hujan, ban basah disediakan dengan kompon lunak dan sedang. Dalam hal ban basah, juga disediakan ban depan simetris dan ban belakang asimetris.

"Kami memiliki awal yang baik untuk musim ini di Spanyol. Kami memecahkan beberapa rekor, dan ban baru tampil sangat baik dalam kondisi ekstrem. Brno adalah trek yang luas dan dengan banyak akselerasi. Dibutuhkan banyak grip dari (ban) belakang untuk memberikan pebalap traksi terbaik. Itu sebabnya ban belakang baru kami dirancang, jadi akan menyenangkan untuk melihatnya beraksi di sirkuit yang ideal untuk karakteristiknya," kata Manager Michelin, Piero Taramasso.

Rangkaian balapan MotoGP Ceko akan dimulai Jumat (7/8/2020) sore pukul 14.55 WIB saat latihan bebas pertama digelar. Balapan utamanya akan digelar pada Minggu pukul 19.00 WIB.

Ini Jadwal MotoGP Ceko:

Jumat (7/8)

Latihan Bebas I - Pukul 14.55 WIB
Latihan Bebas II - Pukul 19.10 WIB

Baca juga: Marc Marquez Geber Proses Pemulihan Jelang MotoGP Ceko
Sabtu (8/8)

Latihan Bebas III - Pukul 14.55 WIB
Kualifikasi I - Pukul 19.10 WIB
Kualifikasi II - Pukul 19.35 WIB

Minggu (9/8)

Race - 19.00 WIB.



Simak Video "Brad Binder Pembalap Afrika Selatan Pertama Menangi MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)