Senin, 03 Agu 2020 10:58 WIB

Apa yang Bikin Rossi Tetap Merasa Muda?

Ridwan Arifin - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates the third place on the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Andalucia - Race at Circuito de Jerez on July 26, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi podium di MotoGP Andalusia Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi kini berusia 41 tahun. Meski tak lagi muda, ia tetap bersaing dengan pebalap yang lebih segar di ajang MotoGP.

Terakhir 'The Doctor' mampu finish di posisi tiga di seri MotoGP Andalusia. Rossi mengatakan podium itu seperti kemenangan, ia menyadari usianya yang tak lagi muda jadi agak kesulitan untuk memperebutkan gelar jawara yang ke-10.

Di sisi lain, legenda hidup balapan motor dunia ini punya kesibukan yang tak jauh-jauh dari dunia balap motor. Ia mendirikan sekolah balap bernama VR46 Riders Academy.

Sekolah khusus balap yang dibangun Rossi untuk melahirkan talenta muda Italia. Bisa jadi ini adalah langkah Rossi untuk mengganggu dominasi Spanyol yang saat ini menguasai balapan motor dunia.

"Gagasan di balik Akademi adalah membantu pembalap Italia untuk mencapai level maksimum dan kami mencoba untuk memiliki pembalap yang cepat, tetapi juga dengan sikap yang baik. Kami membangunnya dengan hati". ungkap Rossi seperti dikutip dari Tuttomotoriweb, Senin (3/8/2020).

Sekolah khusus balap milik Rossi ini dibangun di kampung halaman Rossi di Tavullia, di wilayah ini pula Rossi memiliki tempat bermain motor, Motor Ranch.

Ternyata kesibukan ini membantu Rossi agar tidak kehilangan semangat mudanya. Dua musim MotoGP, Rossi berhadapan dengan dua anak didiknya, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia.

JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 24: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Free Practice at Circuito de Jerez on July 24, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 24: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Free Practice at Circuito de Jerez on July 24, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Kami mencoba membantu mereka tumbuh sebagai pembalap, tetapi juga sebagai atlet dan pria," ujar Rossi.

Bukan hanya terkait skill membalap, tapi juga dilatih bagaimana menaklukkan trek sesuai karakternya dan dilatih fisik serta diperkuat sisi psikologinya.

Di luar itu Rossi juga akan membantu mereka untuk bagaimana bersikap sebagai pebalap profesional seperti bagaimana membangun relasi dengan tim balap, mengatur logistik, memahami kontrak dan lain sebagainya.

"Kami juga berbicara tentang gairah yang kami miliki bersama. Mereka membantu saya menjaga saya tetap muda dan itu sangat baik bagi saya," ungkap Rossi.

"Bagi mereka itu positif karena saya dapat berbagi pengalaman saya dan juga berbicara tentang perempuan, kehidupan secara umum dan semua masalah yang kita miliki sedikit semuanya," jelas dia.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com