Senin, 27 Jul 2020 12:50 WIB

Motor Ducati Ngebul, Pebalap Honda Nakagami Protes

Ridwan Arifin - detikOto
Francesco Bagnaia Francesco Bagnaia menepi usai motornya ngebul di MotoGP Andalusia Foto: MotoGP
Jakarta -

Motor Desmosedici GP 20 yang dipiloti Francesco Bagnaia mengalami masalah teknis, motornya mengeluarkan asap putih saat menduduki posisi dua di seri MotoGP Andalusia. Meski ngebul, Bagnaia tak langsung 'parkir' dan tetap berada di racing line.

Bagnaia baru berhenti usai race direction mengibarkan bendera hitam-jingga. Artinya pebalap harus berhenti dari balapan karena mengalami masalah teknis.

Tapi pebalap asal Jepang, LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami protes insiden motor Ducati yang mengeluarkan asap. Ia secara blak-blakan mengatakan race direction telat mengibarkan bendera. Sebab, motor Ducati yang ngebul itu masih diizinkan untuk balapan selama dua laps.

"Race directions membuat kesalahan, karena saya berada di belakang Bagnaia dan motornya mengeluarkan banyak asap," kata Nakagami.

"Saya benar-benar takut kehilangan grip depan, dan saya bersyukur dia keluar dari jalur dan menghentikan motornya."

"Ini tidak aman, dan race directions selalu mengatakan 'safety first' tapi kali ini mereka membuat kesalahan besar. Satu lap (motor ngebul), oke, tapi membiarkannya selama dua lap adalah kesalahan dan mereka harus lebih memikirkan keselamatan di masa depan. "

Komentar lain atas insiden itu juga diungkapkan pebalap Suzuki, Joan Mir yang persis berada di belakang Nakagami.

"Saya kira itu asap putih itu dari motor Yamaha. Tapi beberapa saat kemudian, ternyata itu Bagnaia. Dalam kasus ini, saya tidak sulit untuk mengendalikan motor, sama saja, tapi bedanya ada asap putih,"

"Tapi itu agak berbahaya, okay, saya berpikir asap putih itu berasal dari mesin yang bermasalah, kita bisa terjatuh, dan membahayakan semuanya (bahaya kebocoran oli). Pasti itu situasi yang sulit dan sangat berbahaya," teran Joan Mir.

Bagnaia merasa ada sesuatu yang tak beres dengan Desmosedici GP20-nya. Namun ia tetap memaksa motor itu beberapa putaran. Sebab ia tak menyadari motornya sudah mengeluarkan asap putih. Hingga ia melihat di dasbornya muncul pesan untuk berhenti.

"Tiga lap sebelum saya mulai (berasap). Saya merasa motor berjalan sedikit lebih lambat, lalu saya melihat bendera hitam di dasbor dan saya harus berhenti." ujar dia.



Simak Video "Ironi Nakagami di MotoGP Teruel"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com