Minggu, 19 Jul 2020 16:10 WIB

Kasihan Alex Rins, Cekcok dengan Marquez hingga Terpental di Jerez

Ridwan Arifin - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 18: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR  rounds the bend during the MotoGP of Spain - Qualifying at Circuito de Jerez on July 18, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Rins. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Alex Rins dipastikan absen mengikuti seri perdana MotoGP Spanyol di Jerez, Minggu (19/7). Pebalap dari tim Suzuki ECSTAR ini menderita fraktur dan dislokasi di bahu kanannya. Cedera itu didapat usai mengalami kecelakaan saat kualifikasi.

Duel Alex Rins dan Marquez di MotoGP Spanyol pun sempat terjadi di latihan bebas ketiga. Saat itu Rins tampak kesal lantaran Marc Marquez dianggap menutup lajurnya.

Rins terlihat kesal, ia mengangkat tangan dan memukul motornya lantaran tak bisa mengukir waktu lebih cepat. Tapi Marquez bebas dari sanksi, lantaran MotoGP melihat bendera kuning sesaat sebelum Marquez menutupi jalan Rins.

Nasib lebih sial menimpa rider berusia 24 tahun ini. Dua kali Alex Rins jatuh dari motornya. Jelang akhir kualifikasi sesi pertama, ia terjatuh dalam kecepatan rendah di tikungan kedua, Sabtu (18/7/2020). Diduga Rins terjatuh karena terganggu lantaran jatuhnya pebalap Aprilia, Bradley Smith, yang berada di depannya. Namun Rins bisa kembali bangkit dan mengangkat sepeda motornya.

Kecelakaan kedua yang dialami Rins lebih parah dari sebelumnya. Dalam tayangan ulang, pada akhir sesi kualifikasi kedua, Rins terjatuh saat berada di tikungan 11. Kali ini ia terlihat kesakitan, sebab bahunya sempat menghantam gravel lebih dulu.

Dikutip dari Skysports, Minggu (19/7/2020) Direktur Medis MotoGP, Michele Zasa menjelaskan kondisi Alex Rins usai mengalami kecelakaan tersebut. Rins dipastikan mengalami dislokasi bahu, namun kemungkinan ada kerusakan lainnya yakni pada tendon dan ligamen.

"Di grid untuk balapan? Saya melihatnya sangat sulit," komentar Dr. Zasa

Pebalap 24 tahun itu akan absen di seri perdana MotoGP 2020. Hal ini pun dikonfirmasi melalui jejaring sosial instagram pribadinya.

"Kadang kamu harus menang, kadang kamu harus belajar. Setelah mengalami crash di Q2 tikungan 11. Aku mungkin nggak bisa balapan besok di #SpanishGP. Ini bukan hal yang kita sukai untuk memulai musim balap tapi aku dapat pastikan akan lebih kerja keras lagi dari sebelumnya saat kembali ke trek secepat mungkin," tulis Alex Rins.

===

Balapan ini akan ditayangkan langsung di Trans7 mulai pukul 19.00. Untuk kali pertama, detikOto akan menayangkan live streaming MotoGP.



Simak Video "Detik-detik Alex Rins Crash-Motor Melayang di Kualifikasi MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com