Minggu, 19 Jul 2020 09:34 WIB

Sama-sama Pakai Yamaha, Kenapa Rossi Tak Secepat Quartararo-Vinales?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 15:   Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a  straight during the MotoGP tests at the Circuito de Jerez on July 15, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jerez -

Dua pebalap yang menunggangi motor Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales bakal start di depan pada MotoGP Jerez 2020 malam nanti WIB. Namun, Valentino Rossi justru harus start dari posisi 11.

Rossi mungkin menjadi satu-satunya pebalap MotoGP Yamaha yang berjuang dengan masalah keausan ban belakang. Masalah ban belakang motor tunggangan Rossi menjadi perdebatan.

Menurut Michelin Motorsport Two-Wheel Manager Piero Taramasso gaya berkendara Rossi menjadi penyebabnya. Disebutkan, gaya balap Rossi saat menunggangi motor lebih menekan tepi ban dan menyebabkan panas berlebih. Namun, Rossi membantah pernyataan Taramasso.

"Menurutku itu tidak benar. Masalahnya bukan itu. Karena, contohnya Dovizioso pebalap lain yang gaya ridingnya serupa, tapi dia tidak bermasalah dengan ban. Jadi bagiku bukan itu masalahnya," kata Rossi seperti dikutip Crash.net.

Rossi dan tim Monster Yamaha terus mencari solusi. Pebalap asal Italia itu menyoroti sifat ban yang terlalu lunak. Ukuran tubuhnya dengan tinggi 181 cm dan berat 69 kg menjadi salah satu kemungkinan faktornya.

"Biasanya dalam karier saya, saya selalu mengendarai dan lebih suka ban keras, di depan dan belakang. Di masa lalu saya melakukan balapan terbaik dalam karier saya dengan ban keras. Sekarang ban Michelin sangat lunak, casing sangat lembut dan karet sangat lembut, dan bagi saya itu tidak mudah," katanya.

"Juga karena (postur tubuh) saya mungkin yang tertinggi, tentu lebih tinggi dari tinggi rata-rata (pebalap). Saya sangat langsing, tapi berat badan saya cukup besar karena tinggi badan saya," tambahnya.

Menurut Rossi, tak ada yang jelas ketika membandingkan datanya dengan sesama pebalap Yamaha yang menunggangi motor Yamaha M1, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Kata dia, datanya sangat mirip. Tapi Vinalez sangat kuat dalam pengereman.

Malam nanti, dua pebalap Yamaha Quartararo dan Vinalez memulai balapan dari posisi terdepan. Quartararo berhasil merebut pole position, Vinalez start dari posisi dua dan Marc Marquez dari posisi tiga. Sementara Rossi start dari posisi 11 di belakang Franco Morbidelli yang juga menunggangi Yamaha.

"Saya pikir tiga orang teratas sedikit lebih cepat - Maverick, Quartararo dan Marquez - tetapi setelahnya ada kelompok besar pembalap dengan kecepatan yang sangat mirip. Kami akan melihat besok karena kami ingin mencoba meningkatkan kecepatan kami, sedikit lebih cepat dan kita akan lihat," sebut Rossi.

====

Saksikan live streaming MotoGP Spanyol di detikOto, Minggu (19/7) mulai pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com