Minggu, 19 Jul 2020 08:24 WIB

Yang Berbeda di MotoGP saat Pandemi, Tak Ada Penampakan Umbrella Girl

Rangga Rahadiansyah - detikOto
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 22: A grid girl smiles on the grid during the MOtoGP race during the MotoGp of Aragon - Race on September 22, 2019 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Tak ada umbrella girl di MotoGP Jerez 2020. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Setelah sempat tertunda beberapa bulan, balapan MotoGP akhirnya kembali lagi. Malam nanti WIB, MotoGP akan diselenggarakan di Jerez, Spanyol. MotoGP akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi virus Corona (COVID-19) belum berakhir.

Ada beberapa hal yang berbeda pada MotoGP yang digelar di tengah pandemi COVID-19, seperti dikutip dari laman Box Repsol. MotoGP telah menetapkan protokol keamanan yang ketat yang dimaksudkan untuk meminimalkan risiko penularan antar-personel di paddock, terutama untuk GP Spanyol dan GP Andalusia yang menjadi dua seri pembuka gelaran MotoGP 2020 yang digelar di sirkuit Jerez.

Pertama, penyelenggara MotoGP akan melakukan tes kesehatan kepada semua personel baik pebalap, mekanik, maupun staf Dorna. Area umum akan didisinfeksi setiap hari.

Semua personel di MotoGP harus menggunakan peralatan perlindungan pribadi seperti masker dan selalu melakukan cuci tangan dengan rutin. Di dalam sirkuit, jarak sosial akan diterapkan.

Pemeriksaan medis pada personel dilakukan setiap hari saat gelaran MotoGP untuk memastikan tak adanya gejala virus. Jika ditemukan ada tanda atau gejala COVID-19, orang yang bersangkutan akan dikirim ke area isolasi di pusat medis. Jika perlu, pasien akan dikirim ke rumah sakit terdekat untuk pengujian lebih lanjut. Kalau hasilnya kembali negatif, orang tersebut dapat kembali ke sirkuit, dan jika positif, mereka akan dikarantina.

Staf yang bekerja di sirkuit akan dibatasi. Termasuk umbrella girl yang tidak akan ada di gelaran MotoGP kali ini.

Posisi umbrella girl akan dihilangkan. Pekerjaan mereka akan dipenuhi oleh tim pebalap. Anggota tim akan bertugas untuk memenuhi kebutuhan pebalap.

ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 22: A grid girl smiles on the grid during the MotoGP race during the MotoGp of Aragon - Race on September 22, 2019 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Umbrella girl biasanya mendampingi pebalap sesaat sebelum start. . (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Di grid start biasanya umbrella girl akan menemani pebalap. Dilansir Coresdimoto, di grid start setiap pebalap MotoGP hanya boleh ditemani maksimal enam staf. Rider dan staf teknis akan menggunakan masker. Dan disediakan dispenser hand sanitizer sebelum memasuki grid start untuk para staf.

Berkenaan dengan protokol di podium, pebalap akan menerima tropi sebelum naik ke podium. Selain itu, jarak aman akan diterapkan antar-ketiga rider yang naik ke podium.

Soal tugas marshal, petugas dan personel sirkuit bisa melakukan tugasnya seperti biasa. Tapi, jika ada kecelakaan, petugas marshal tidak boleh menyentuh pebalap, dan hanya boleh membantu mengeluarkan motor dari lintasan. Hanya staf medis yang bertanggung jawab membantu pebalap ketika terjadi insiden kecelakaan.

Terakhir, tak ada peenonton di dua seri pembuka di sirkuit Jerez. Gelaran MotoGP tanpa penonton ini untuk memastikan keamanan yang lebih baik seteleh kesepakatan yang dicapai antara Dorna, Pemerintah Daerah Andalusia dan Pemerintah Daerah Jerez.

====

Saksikan live streaming MotoGP Spanyol di detikOto, Minggu (19/7) mulai pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Raih Pole Position di MotoGp Andalusia, Quartararo 'Asapi' Bintang Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com