MotoGP Spanyol: Lagi-lagi, Ban Michelin Dikeluhkan Valentino Rossi

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 18 Jul 2020 07:55 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 15:   Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a  straight during the MotoGP tests at the Circuito de Jerez on July 15, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi kembali mengeluhkan ban Michelin pada motor Yamahanya (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Hari pertama free practice MotoGP Spanyol dilewati Valentino Rossi dengan sulit. The Doctor mengklaim mengalami masalah yang sama seperti tahun lalu pada ban Michelin.

Valentino Rossi menempati posisi 13 pada free practice pertama MotoGP Spanyol. Meski terpaut hanya 0.768 detik dari posisi teratas, Rossi mengaku mengalami masalah.

Pebalap 41 tahun itu kembali dapat hasil tak memuaskan di free practice II saat hanya bisa berada di urutan 20 dengan jarak satu detik lebih dengan rider tercepat.

Dalam keterangannya pada wartawan, Rossi menyebut dia mengalami masalah yang sama seperti tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, yakni pada ban Michelin. Ban belakang disebutnya terkendala dengan temperatur sehingga kurang punya grip.

"Ini hari yang berat buat saya karena saya tak pernah bisa cepat. Pada pagi lebih baik, tapi siangnya kami dapat kesulitan lebih banyak lagi," ucap Rossi dikutip dari Crash.

"Sepertinya kami selalu punya masalah dengan temperatur ban belakang dan grip ban belakang. Pagi ini cuacanya lebih dingin jadi saya bisa lebih dekat tapi siangnya, dengan temperatur lebih tinggi, saya jadi kesulitan," lanjut Rossi.

Ini bukan kali pertama Rossi punya keluh kesah terhadap ban Michelin. Sejak 2015 dia sudah berulang kali mengeluhkan ketidakcocokan motor Yamaha dengan produk asal Prancis itu.

Di sisi lain, Michelin sebenarnya sudah mencoba melakukan modifikasi. Termasuk memodifikasi desain ban baru yang mulai diperkenalkan tahun ini. Tapi nyatanya itu belum cukup memuaskan Rossi.

"Valentino dapat lebih banyak kesulitan saat panas. Sepertinya dia kehilangan feeling dengan ban setelah menjalani beberapa lap, dan menurutnya dia kemudian mengalami kesulitan dengan keseimbangan motor."

"Kami akan bekerja keras sore sampai malam ini untuk menemukan solusi untuk kedua masalah tersebut supaya dia bisa merasa nyaman untuk free practice III. Kami akan mencoba keluarcdari Q2, bagian krusal dari balapan di akhir pekan ini," terang direktur tim MotoGP Yamaha, Massimo Meregalli.

=====

Mulai akhir pekan ini saksikan live streaming MotoGP di detikOto. MotoGP Spanyol akan dilangsungkan Minggu (19/7) mula pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Rossi Dipastikan Ikut Balapan di MotoGP Valencia Usai Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)