Rabu, 11 Mar 2020 15:29 WIB

Sudah Tiga Balapan Formula E Dikonfirmasi Ditunda karena Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Warga Jakarta bisa menonton langsung kejuaraan balap mobil listrik dunia Formula E mulai tahun depan. Balapan mobil listrik Formula E. Foto: Getty Images
Jakarta -

Balapan mobil listrik Formula E di Jakarta resmi ditunda. Penundaan Formula E ini diumumkan demi mencegah penyebaran virus corona.

Formula E Jakarta bukan satu-satunya yang ditunda karena virus corona. Sebelumnya, Formula E juga membatalkan seri balapan di dua lokasi.

Yang pertama adalah Formula E China. Formula E China sedianya akan digelar di kota Sanya, China, pada 21 Maret. Namun itu dibatalkan karena virus corona. Tapi, penyelenggara Formula E akan mencari jadwal penggantinya.

Pihak penyelenggara mengatakan akan terus bekerja dengan mitra regional dan pemerintah setempat untuk mempelajari kelayakan tanggal alternatif yang potensial jika situasinya membaik.

Ilustrasi balapan Formula eIlustrasi balapan Formula e Foto: (Getty Images)

Selain itu, pihak Formula E juga telah mengumumkan pembatalan seri Formula E di Italia (E-Prix Roma 2020).

"Sebagai konsekuensi keadaan darurat kesehatan yang sedang berlangsung di Italia dan sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam keputusan menteri mengenai langkah-langkah untuk melawan dan menahan penyebaran COVID-19 di negara tersebut - yang mencakup acara olahraga dengan kerumunan besar dan penonton dalam jarak dekat - tidak mungkin lagi menggelar E-Prix Roma pada 4 April 2020," tulis pernyataan resmi Formula E.

Sama seperti kasus pembatalan di China, pihak penyelenggara juga bakal mempelajari kelayakan tanggal alternatif supaya Formula E Italia tetap bisa digelar.

Dan hari ini, Formula E juga resmi mengumumkan penundaan seri Jakarta. Keputusan ini menyusul instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta penyelenggaraan Formula E Jakarta ditunda.

"Seperti yang diinstruksikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan--dan dalam konsultasi bersama dengan Formula E, FIA, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix--tidak akan mungkin menggelar balapan di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020 yang dijadwalkan," tulis Formula E dalam pernyataannya.

Formula E mengatakan akan terus memantau situasi dengan seksama bersama otoritas terkait dan panitia Jakarta E-Prix untuk kemungkinan penjadwalan ulang balapan Formula E Jakarta.

"Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E akan diadakan, kami sedang mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari virus corona dan berusaha mempertahankan jumlah balapan terbanyak di kalender musim keenam," kata Co-Founder Formula E Alberto Longo dalam pernyataan resminya.

"Ini adalah situasi yang berubah-ubah, berkembang setiap hari dan kami tetap realistis dan fleksibel dalam pendekatan kami terhadap opsi-opsi alternatif, yang akan dikomunikasikan pada waktunya.

Longo menyebut, ada beberapa opsi untuk tetap menyelenggarakan balapan Formula E sesuai jumlah seri yang dijadwalkan. Misalnya dengan menggelar dua seri balapan di lokasi yang sama, menggunakan sirkuit permanen, hingga balapan di lokasi tertutup.



Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com