Senin, 07 Okt 2019 20:01 WIB

Mesin Motor Yamaha M1 Quartarto Tak Lagi Disunat

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Pebalap tim satelit dari Petronas Yamaha Sepang Racing Team, Fabio Quartararo sempat salip menyalip dengan juara MotoGP dunia, Marc Marquez di Sirkuit Buriram. Performa pebalap rookie ini cukup mengagetkan sebab kabarnya mesin motor M1 di seri sebelumnya 'disunat' agar mesin lebih awet.

Mengutip Crash, Senin (7/10/2019) Yamaha M1 Fabio Quartararo memiliki RPM yang lebih rendah dari milik Rossi dan Vinales (Monster Energy Yamaha) ataupun Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Setingan motor sengaja memiliki RPM yang lebih rendah karena Quartararo hanya punya jatah penggantian mesin 5 kali dalam semusim. Berbeda dengan pebalap Yamaha lainnya seperti Rossi, Vinales, dan Morbidelli boleh pemakaian hingga 7 mesin.



Pemotongan RPM tersebut diharapkan agar mesin bisa lebih awet dan bertahan lebih lama hingga akhir musim. Manajer Tim Petronas Yamaha, Wilco Zeelenberg mengkonfirmasi bahwa M1 yang ditunggangi Quartararo tidak lagi disunat untuk menghemat mesin.

"Kami memiliki paket yang sama dengan sebelumnya (menggunakan 5 mesin untuk satu musim), tetapi kami sekarang berada di balapan musim terakhir. Kami tahu persis di mana kami berada dengan jarak tempuh mesin," kata Zeelenberg.

"Jadi kami diizinkan untuk memiliki sedikit lebih banyak rpm jika kami membutuhkannya," tambah Zeelenberg.

Dikabarkan Quartararo saat ini sudah menggunakan mesin ke-empat, masih tersisa satu lagi. Itu membuatnya setara dengan penggunaan mesin Rossi, Vinales, dan Moerbidelli, semuanya menggunakan mesin keenam, sama-sama sisa 1 mesin lagi. Apalagi Quartararo saat ini mendapat izin untuk penambahan rpm di sisa seri balapan MotoGP.

Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com